KEUSKUPAN PERTAMA SIRO-MALABAR DI INGGRIS

42
Ki-ka: Mgr Stephen Chirappanath, Kardinal George Alencherry, dan Mgr Joseph (Benny Mathew) Srampickal.
[bishopcampbellsblog.wordpress.com]
KEUSKUPAN PERTAMA SIRO-MALABAR DI INGGRIS
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus memutuskan untuk mendirikan Keuskupan pertama Gereja Katolik Siro-Malabar di Inggris, Kamis, 28/7. Gereja Siro-Malabar adalah Gereja bertradisi Khaldea yang berakar pada Liturgi Santo Yakobus dari Yerusalem. Gereja Katolik Siro-Malabar merupakan salah satu Gereja ritus non Latin yang bersekutu penuh dengan Gereja Roma. Takhta Keuskupan Agung Mayor (pusat) Gereja Katolik Siro-Malabar terdapat di Keuskupan Agung Mayor Ernakulam-Angamaly, Kerala, India. Kini takhta ini diampu oleh Kardinal George Alencherry sebagai Uskup Agung Mayor Ritus Siro-Malabar.

Pendirian Keuskupan Gereja Katolik Siro-Malabar di Inggris ini merupakan salah satu upaya reksa pastoral umat Katolik ritus Siro-Malabar di Inggris. Sebelumnya, pendirian Keuskupan Siro-Malabar di luar India juga terjadi di Kanada, Amerika Serikat, dan Australia.

Bersamaan dengan pendirian Keuskupan Siro-Malabar di Inggris, Bapa Suci juga mengangkat Pater Joseph (Benny Mathew) Srampickal sebagai Uskup pertama yang akan menggembalakan keuskupan baru ini. Mgr Joseph lahir di Poovarany, India, 30 Mei 1967. Ia ditahbiskan imam Keuskupan Palai, India (Gereja Katolik Siro-Malabar) pada 12 Agustus 2000. Alumnus Lisensiat Teologi Biblis dari Universitas Kepausan Urbaniana Roma ini cukup lama menjadi formator di Seminari Menengah Mar Ephrem Formation Centre di Keuskupan Palai, India. Ia juga sempat melayani sebagai Direktur Kolese Keperawatan Mar Sleeva di Cherpumkal, India; Direktur Program Evangelisasi Keuskupan Palai; Sekretaris Uskup Palai; dan bahkan menjadi Pastor Paroki. Tugas terakhir yang ia emban sebelum ditunjuk sebagai Uskup adalah Wakil Rektor Kolese Kepausan “De Propaganda Fide” Urbaniana, Roma.

[nextpage title=”KEUSKUPAN PERTAMA SIRO-MALABAR DI INGGRIS”]

Ki-ka: Mgr Stephen Chirappanath, Kardinal George Alencherry, dan Mgr Joseph (Benny Mathew) Srampickal.[bishopcampbellsblog.wordpress.com]
Ki-ka: Mgr Stephen Chirappanath, Kardinal George Alencherry, dan Mgr Joseph (Benny Mathew) Srampickal.
[bishopcampbellsblog.wordpress.com]
Mgr Joseph akan menerima tahbisan Uskup Inggris Raya untuk Gereja Katolik Siro-Malabar pada 9 Oktober 2016. Takhta keuskupan baru ini terletak di Preston, Lancashire, Inggris.

Selain menunjuk Mgr Joseph, Paus Fransiskus juga mengangkat Pater Stephen Chirappanath sebagai Visitor Apostolik untuk Gereja Katolik Siro-Malabar di seluruh Eropa. Penunjukan ini merupakan upaya melayani umat Gereja Katolik Siro-Malabar yang tersebar di Eropa. Pater Stephen juga dianugerahi gelar Uskup Tituler Slebte. Kelahiran Puthenchira, India, 26 Desember 1961 ini merupakan imam Keuskupan Irinjalakuda, India (Gereja Katolik Siro-Malabar). Alumnus Doktor Teologi Moral dari Akademi Alphonsiana, Roma ini ditahbiskan imam Keuskupan Irinjalakuda pada 26 Desember 1987.

Mgr Stephen telah melayani berbagai jenis karya kerasulan. Ia pernah menjadi Pastor Paroki, Hakim Tribunal di Keuskupan Irinjalakuda, Direktur Pusar Rehabilitasi Narkoba, Rektor Seminari Menengah St Paulus milik Keuskupan Irinjalakuda, dan dosen teologi di Seminari Tinggi. Mantan Wakil Rektor Seminari Apostolik Santo Thomas di Vadavathoor, India ini terakhir bertugas sebagai Prokurator untuk Uskup Agung Mayor Siro-Malabar yang berdomisili di Roma, serta merangkap Koordinator komunitas umat Gereja Katolik Siro-Malabar di Italia.

Langkah konkret Paus Fransiskus pada pengembangan Gereja Katolik Siro-Malabar ini menunjukkan perhatian dan penghargaannya akan keanekaragaman dalam Tubuh Gereja Katolik.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here