HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

PROFIL PREFEK DEWAN KEPAUSAN BARU

13
Mgr Kevin Joseph Farrell
[bishopkevinfarrell.org]
PROFIL PREFEK DEWAN KEPAUSAN BARU
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PROMULGASI motu proprio Paus Fransiskus mengenai pendirian Dewan Kepausan untuk Awam, Keluarga, dan Kehidupan, Senin, 15/8, juga dibarengi dengan penunjukan Prefek pertama bagi dikasteri baru. Bapa Suci telah menunjuk Uskup Dallas, Texas, Amerika Serikat, Mgr Kevin Joseph Farrell sebagai Prefek Dewan Kepausan untuk Awam, Keluarga, dan Kehidupan. Meski ia baru akan mulai bekerja pada 1 September 2016, Bapa Suci telah menunjuknya sejak Senin, 15/8.

Mgr Farrell adalah uskup ketujuh Dallas, yang juga menjadi Pembina di Universitas Dallas. Uskup kelahiran Dublin, Irlandia, 2 September 1947 ini awalnya adalah imam anggota Congregation of the Legionaries of Christ, tetapi lalu berinkardinasi sebagai imam Keuskupan Agung Washington, District of Columbia, Amerika Serikat tahun 1984. Sejak kecil, anak kedua dari empat bersaudara ini mengenyam pendidikan di sekolah Katolik di Drimnagh. Tak heran jika ia memutuskan untuk masuk Novisiat Congregation of the Legionaries of Christ tahun 1966.

Tahun 1967, Frater Farrell sempat berkunjung ke Amerika Serikat guna mencari dana untuk mendukung karya misi di Amerika Latin di bawah naungan Kongregasi Propaganda Fidei (kini Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa). Dalam formasi sebagai calon imam, ia melanjutkan studi hingga Bacaloreat di Universitas Salamanca, Spanyol. Selanjutnya, ia diutus untuk belajar di Universitas Kepausan Gregoriana, Roma hingga lulus Master Filsafat dan Lisensiat Teologi. Selain itu, ia juga menyelesaikan studi Bidang Teologi Dogmatik (1976) dan Teologi Pastoral (1977) di Universitas Kepausan St Thomas Aquinas (Angelicum), Roma. Bahkan, ia juga memiliki gelar Master Bisnis dan Administrasi dari Universitas Notre Dame du Lac, Indiana, Amerika Serikat.

[nextpage title=”PROFIL PREFEK DEWAN KEPAUSAN BARU”]

Mgr Kevin Joseph Farrell[bishopkevinfarrell.org]
Mgr Kevin Joseph Farrell
[bishopkevinfarrell.org]
Pada 24 Desember 1978, Frater Farrell menerima tahbisan imam. Tugas perdananya adalah menjadi pastor untuk campus ministry di Universitas Monterrey, Meksiko. Di sana, Pater Farrell gencar menggelar seminar Bioetik dan Etika Sosial. Kemudian, ia dipilih sebagai Administrator Jenderal Congregation of the Legionaries of Christ yang bertanggung jawab untuk seminari-seminari dan sekolah-sekolah Katolik di Italia, Spanyol, dan Irlandia.

Tahun 1984, Pater Farrell mendapat tugas di Amerika Serikat. Inilah awal ia berinkardinasi menjadi imam Keuskupan Agung Washington. Ia pun mulai melayani sebagai Pastor Paroki di beberapa tempat, antara lain Paroki Santo Petrus Olney, Paroki Santo Bartholomeus Bethesda, dan Paroki Santo Thomas Rasul Washington. Tahun 1986, ia ditugaskan sebagai Direktur Pusat Katolik bagi umat berbahasa Spanyol. Dua tahun kemudian, ia menjadi Direktur Karitas Katolik Keuskupan Agung Washington. Lalu, ia ditunjuk sebagai Sekretaris Bidang Keuangan di Keuskupan Agung Washington, tahun 1989-2001. Karena jasa-jasanya kepada Gereja, Bapa Suci Yohanes Paulus II menganugerahinya gelar Honorary Prelate of His Holiness pada 1995, sehingga menyandang titel monsinyur. Tahun 2001, Mgr Farrell diangkat menjadi Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Washington, sekaligus menjadi Pastor Paroki Kabar Gembira di Washington DC.

Pada 28 Desember 2001, ia ditunjuk sebagai Uskup Auksiler Keuskupan Agung Washington dengan menerima tahbisan Uskup Tituler Russucuru pada 11 Februari 2002. Sejak diangkat menjadi Uskup Auksiler hingga tahun 2007, Mgr Farrell menjadi Moderator Kuria sekaligus Vikaris Jenderal. Pada 6 Maret 2007, Paus Benediktus XVI menunjuknya menjadi Uskup Dallas, Texas, Amerika Serikat, menggantikan Uskup Emeritus Dallas, Mgr Charles Victor Grahmann. Mgr Farrell menduduki Takhta Keuskupan Dallas pada 1 Mei 2007.

[nextpage title=”PROFIL PREFEK DEWAN KEPAUSAN BARU”]

Mgr Kevin Joseph Farrell[bishopkevinfarrell.org]
Mgr Kevin Joseph Farrell
[bishopkevinfarrell.org]
Selama menjadi uskup, Mgr Farrell juga berkiprah di Konferensi Para Uskup Amerika Serikat (USCCB) sebagai konsultan untuk bidang migrasi dan pelayanan kepada pengungsi. Tahun 2009, ia terpilih sebagai Ketua Komisi untuk Koleksi Nasional USCCB, yang menjadi koordinator bidang keadilan sosial, evangelisasi, pendidikan, dan perkembangan institusi.

Mgr Farell adalah adik Mgr Brian Farrell LC, Sekretaris Dewan Kepausan untuk Pewartaan Persatuan Umat Kristiani. Mgr Brian Farrell merupakan anggota Congregation of the Legionaries of Christ, yang menerima tahbisan Uskup Tituler Abitinae dan telah menjalani perutusan sebagai Sekretaris Dewan Kepausan untuk Pewartaan Persatuan Umat Kristiani sejak 19 Desember 2003.

R.B.E. Agung Nugroho

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here