GEREJA LEO AGUNG MULAI DIBANGUN

470
Romo Damianus Lolo CSsR didampingi Romo David Bayo CSsR dan Ketua PPG, I Gusti Ngurah Karmadi mermberkati pancang gereja.
[HIDUP/Yanuari Marwanto]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – LAHAN baru Gereja St Leo Agung masih senggang sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu, 14/8. Baru ada sekitar 40 orang di kapling yang terletak di Kompleks Kodam Jatiwaringin, Jakarta Timur. Maklum, acara pemancangan dimulai satu jam kemudian. Umat dan para imam masih Misa di “gereja bedeng”. Mereka yang datang lebih awal adalah panitia acara pemancangan, panitia pembangunan gereja, pekerja proyek, dan segelintir umat, salah satunya Agustinus Yohanes Kia Poli. Yance, demikian sapaannya, kebetulan menemani istrinya yang menjadi perunut acara.

Gurat bulan sabit, terpatri di ronanya, saat ditemui di persil berukuran sekitar 2000 meter persegi. Penantian panjang selama 19 tahun untuk memiliki gereja baru bakal terbayar lunas. Menurut rencana, pembangunan gereja akan rampung pada akhir 2017, bertepatan dengan pesta perak paroki ini. Kapasitas gereja baru menampung sekitar 900 umat dan dilengkapi dengan parkir semi basement. Saat ini jumlah umat Paroki St Leo Agung sekitar 5000 jiwa. Mereka terbagi dalam 40 lingkungan dan sembilan wilayah.

Kepala Paroki, Romo Damianus Lolo CSsR juga mendorong umat agar terus menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Menurut dia, tidak akan ada sesuatu yang baik yang bisa tercipta jika tidak ada kebersamaan dan kesatuan dengan sesama. Romo Dami juga menekankan, hubungan baik dengan Tuhan seharusnya diwujudkan juga dalam masyarakat.

Perwakilan Walikota Jakarta Timur, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Timur Donny Madian mengapresiasi PPG St Leo Agung dalam mengurus kelengkapan administrasi. Hasilnya, Surat Izin Prinsip (SIP) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) gereja cepat keluar dan dalam waktu berdekatan. SIP Pembangunan Gereja keluar pada 11 April 2016, sedangkan IMB pada 28 Juli 2016.

Yanuari Marwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here