Paus Fransiskus Ajak Semua Orang Melawan Korupsi dalam Olahraga

141
Paus Fransiskus tiba di Aula Paulus ke VI.
http://en.radiovaticana.va/
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus mengajak pemimpin dan masyarakat olahraga untuk melawan diskriminasi yang terjadi dalam dunia olahraga dan sekaligus mengajak masyarakat olahraga untuk melawan korupsi yang terjadi di dunia olahraga. Selain itu, pimpinan tertinggi Umat katolik itu juga menegaskan dimensi keterbukaan dari dunia olahraga dengan merangkul semua orang tanpa perbedaan.

Pernyataan itu diungkapkan Paus Fransiskus dalam pidato pembukaan Konferensi Dunia Olahraga & Kepercayaan Se-Dunia dengan tema “Olahraga untuk Pelayanan Kemanusiaan” (Sport At The Service of Humanity The First Global Conference on Sport & Faith) di Aula Paulus ke VI, Vatikan, Rabu (5/10). Konferensi yang akan berlangsung selama tiga hari itu, seperti yang dilaporkan oleh Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Vatikan, dihadiri oleh Sekjen PBB Ban Ki-Moon, Ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, ikon sepak bola Italia Alessandro del Piero, para atlit dan para pemuka agama.

Menurut Pastor Markus Solo Kewuta SVD, dalam pidatonya Paus menyatakan bahwa merupakan kepedihan yang sangat bagi olahraga dan kemanusiaan jika masyarakat tidak dapat mempercayai lagi hasil dari olahraga. Hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap olahraga akan menghilangkan antusiasme atau kegembiraan serta menyurutkan partisipasi masyarakat dalam olahraga.

“Dalam olahraga, sebagaimana kehidupan, hasil dari sebuah pertandingan olahraga adalah penting. Namun demikian, bermain dengan baik dan jujur jauh lebih penting. Saya yakin bahwa pertemuan tiga hari ini, mendorong kita semua untuk mengeksplor lebih jauh tentang kebaikan dari olahraga dapat diberikan kepada masyarakat dunia,” ujar Paus Fransiskus sebagaimana diungkapkan Pastor Markus Solo.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD berfoto bersama dengan ikon sepakbola Italia, Alessandro Del Piero dalam pembukaan Global Conference on Faith & Sport di Vatikan, Rabu (5/10).  Dok. Pribadi
Pastor Markus Solo Kewuta SVD berfoto bersama dengan ikon sepakbola Italia, Alessandro Del Piero dalam pembukaan Global Conference on Faith & Sport di Vatikan, Rabu (5/10).
Dok. Pribadi

[nextpage title=”Paus Fransiskus Ajak Semua Orang Melawan Korupsi dalam Olahraga”]

Pastor Markus Solo Kewuta SVD berfoto bersama dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam pembukaan Global Conference on Faith & Sport di Vatikan, Rabu (5/10). Dok. Pribadi
Pastor Markus Solo Kewuta SVD berfoto bersama dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam pembukaan Global Conference on Faith & Sport di Vatikan, Rabu (5/10).
Dok. Pribadi

Selain mengutuk korupsi dalam tubuh olahraga, Paus Fransiskus juga menyerukan agar para atlit olahraga bebas dari doping serta mendorong para atlit untuk menggunakan olahraga sebagai pengembangan personal dan kesetiakawanan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengharapkan dan segaligus menekankan, pentingnya peranan olahraga sebagai sarana untuk memajukan nilai-nilai luhur bagi kemanusiaan, persatuan, perdamaian, kerukunan, integritas jasmani dan rohani. Secara jelas Ban Ki-moon menegaskan bawa olahraga tidak mengenal diskriminasi, dan membuka kesempatan untuk semua orang terutama di negara-negara berkembang.

Sejalan dengan Ban Ki-moon, Thomas Bach menjelaskan bahwa olahraga dan iman merupakan kehormatan bagi martabat serta derajat yang sama bagi seluruh umat manusia. “Di dunia olahraga, seperti halnya kepercayaan, kita semua sama. Ada hukum universal bagi olahraga. Prinsip persamaan, dan tidak ada diskriminasi mengizinkan baik olahraga dan kepercayaan untuk mempromosikan nilai-nilai solodaritas dan perdamaian,” ujar Ban Ki-moon.

Sementara itu, ikon sepak bola Italia, Alessandro Del Piero menyatakan bahwa bagi dirinya, olahraga adalah hidup itu sendiri. Menurut mantan pemain Juventus itu, dirinya selalu berusaha memberikan seluruh dirinya untuk menghormati aturan main dan dengan kesabaran yang tinggi yang senantiasa membuatnya selalu siap serta bersama dengan tekat dan nilai kemanusiaan yang kesemuanya selaras dalam mimpi.

“Olah raga hendaknya menjamin integritas diri dan menjadikan seseorang dengan pribadi yang seimbang baik mental dan jasmani, dewasa dan berguna,” ujar Romo Markus Solo seperti menirukan ucapan Del Piero.

Markus Solo Kuweta itu juga menitipkan salam untuk masyarakat Indonesia dan mengungkapkan keinginan bintang dunia itu dapat berkunjung ke Indonesia. Hanya saja, pada saat ini, harapan untuk berkunjung ke Indonesia belum dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Putut Prabantoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here