PATER LOMBARDI, DIREKTUR BARU RATZINGER FOUNDATION

67
Pater Federico Lombardi SJ
[kklz.sk]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – SETELAH pensiun sebagai Juru Bicara dan Direktur Kantor Berita Vatikan, Pater Federico Lombardi SJ ditunjuk sebagai Direktur “Joseph Ratzinger-Benedict XVI Vatican Foundation”. Ia diangkat oleh Sekretaris Negara-Kota Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, seperti dilansir Radio Vatikan, 8/8. Sebagai Direktur Ratzinger Foundation, Pater Lombardi menggantikan Pater Giuseppe Scotti yang mengakhiri masa tugasnya pada 31 Juli 2016.

Ratzinger Foundation diinisiasi oleh para mantan murid Ratzinger, termasuk 16 Profesor Teologi (Ratzinger Schülerkreis) pada Desember 2007. Tujuan pendirian lembaga ini adalah menyebarluaskan pemikiran, kajian dan studi teologi dengan meneladan semangat Joseph Ratzinger. Lembaga yang bermarkas di Munich, Jerman ini bersifat karitatif dengan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang berprestasi dalam bidang teologi dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, lembaga ini juga mendorong perkembangan aktivitas dalam bidang formasi, konferensi, seminar dan kursus-kursus teologi di seluruh dunia.

Sebagian dana berbagai kegiatan tersebut diperoleh dari royalti penjualan sekitar 100 volume buku karya Joseph Ratzinger. Tahun 2007, terkumpul dana sekitar £1.6 juta dari hasil penjualan seri “Jesus of Nazareth”. Lembaga ini sungguh mendedikasikan seluruh karyanya bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan karitatif dalam bidang teologi sebagai bentuk pengabdian pada Gereja dan Paus.

Tahun 2010, Paus Benediktus XVI memutuskan untuk mendonasikan sebagian uang untuk mendanai “Hadiah Nobel dalam Bidang Teologi”. Penghargaan atas dedikasi seseorang di bidang teologi–meliputi tiga ranah, yakni Kitab Suci, Patristik, dan Teologi Fundamental–ini diberi nama “Ratzinger Prize”. Setiap pemenangnya menerima hadiah sebesar $87 ribu. Para pemenang “Ratzinger Prize” ini antara lain: Pater Olegario González de Cardedal, Pater Maximilian Heim OCist dan Manlio Simonetti (2011); Pater Brian E. Daley SJ dan Rémi Brague (2012); dll.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here