Tiga Imam Baru Laos

72
Suasana tahbisan tiga imam Vikariat Apostolik Luang Prabang, Laos. (giaoxutanviet.com)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – APOSTOLIK Administrator Luang Prabang, Laos, Pater Tito Banchong Thopanhong mengungkapkan kebahagiaannya atas tiga neomis asal Laos. “Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah atas anugerah yang berlimpah ini. Kita berbahagia atas tiga imam baru yang akan bekerja penuh bagi kawanan Gereja kecil Katolik di Laos. Ketiganya akan mendedikasikan diri mereka, terutama bagi pelayanan pastoral di Vikariat Apostolik Luang Prabang. Bagi saya, hal ini akan menjadi suatu bantuan yang sungguh berharga,” ungkap Pater Tito, seperti dilansir Radio Vatikan, (27/9).

Tiga neomis putra Laos itu adalah Pater Paolo Lattana Sunthon, Pater Agostino Saegna Sii Bunti, dan Pater Michael Kanthak Vilae Luong Di. Ketiganya ditahbiskan sebagai Imam Vikariat Apostolik Luang Prabang. Misa Tahbisan tiga imam baru ini digelar di Seminari Tinggi Interdiosesan Savannakhet, 16 September 2016. Tempat ini menjadi “kawah candradimuka” formasi para calon imam di Laos.

Misa dipimpin oleh Vikaris Apostolik Savannakhet, Mgr Jean Marie Prida Inthirath, yang mengampu gelar Uskup Tituler Lemfocta. Selain Mgr Inthirath, peristiwa iman Gereja di Laos ini juga dihadiri dua uskup asal Laos lainnya. Pun hadir juga 54 imam yang berasal dari Laos, Vietnam dan Thailand, serta para suster dari aneka tarekat dan lebih dari seribu umat Katolik yang berasal dari seluruh penjuru Laos. Bahkan beberapa pejabat sipil Savannakhet tampak hadir di antara umat.

Tiga neomis asal Laos ini menambah jumlah imam berdarah Laos. Kini mereka berjumlah 20 imam, yang terdiri dari 9 imam diosesan dan 11 imam religius yang tersebar di empat Vikariat Apostolik (Luang Prabang, Vientiane, Savannakhet, dan Paksé).

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here