PEMENANG ‘HADIAH NOBEL’ ALA PAUS BENEDIKTUS XVI

79
Lukisan Paus Benediktus XIV (radiovatikan)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com -RATZINGER FOUNDATION mengumumkan Mgr Inos Biffi dan Ioannis Kourempeles sebagai pemenang Hadiah Ratzinger. Mgr. Biffi adalah seorang profesor, teolog dan liturgis yang dikenal dunia internasional, yang juga telah menulis ratusan buku dan esai. Mgr Biffi diganjar penghargaan atas karyanya Opera Omnia; sebuah kumpulan tulisan-tulisan, yang sebagian besar adalah tentang teologi dan filsafat abad pertengahan. Dua puluh volume telah diterbitkan, sementara sisanya sedang dalam tahap persiapan.

Pemenang lainnya adalah Ioannis Kourempeles dari Fakultas Teologi di Tesalonika Yunani. Kourempeles adalah seorang anggota Gereja Ortodoks. Ia adalah profesor luar biasa di Departemen Teologi di Universitas Aristoteles Tesalonika.

Hadiah Ratzinger diadakan setahun sekali. Penghargaan ini bermula pada 2010 silam. Dalam sebuah pertemuan dengan anggota Ratzinger Foundation – yang juga dikenal Benediktus XVI Foundation; Paus Benediktus XVI memutuskan untuk menyumbangkan sejumlah besar uang untuk pembentukan semacam ‘Hadiah Nobel Bidang Teologi’ sebagai pengakuan atas mereka yang melakukan penelitian ilmiah di tiga bidang; Studi Alkitab, patristik (patrologi) dan teologi fundamental.

Setahun berselang, pada 30 Juni 2011, Hadiah Ratzinger pertama kali digelar. Di edisi pertama ini ada tiga nama yang memenangkan penghargaan. Prof. Manlio Simonetti, asal Italia, ahli Sastra Kristen Tua dan patrologi; Prof. Olegario González Hernández de Cardedal, imam Spanyol, profesor Teologi Sistematik dan Prof. Maximilian Heim, profesor Teologi Fundamental dan Dogmatik asal Jerman.

Masing-masing pemenang menerima cek dalam jumlah yang cukup besar. Pemenang tahun ini akan menerima cek sebesar $ 87.000 (setara dengan 1,2 miliar rupiah). Dalam edisi ke enam ini, hadiah akan diberikan pada 26 November mendatang di aula Clementina, Istana Apostolik di Vatikan.

Edward Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here