KATEKIS, PENERJEMAH IMAN

127
Pentas seni kisah kasih Katekis dari Komunitas Wiridan Sarikraman.
[Simon Sudarman]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - KATEKIS adalah orang yang selalu siap sedia belajar tentang iman. Seorang katekis harus mampu me­nerjemahkan inti ajaran iman Katolik dengan bahasa yang sederhana dan mu­dah dimengerti. Demikian pesan Kardi­nal Julius Riyadi Darmaatmadja SJ di hadapan 1.600 katekis dari Keuskupan Agung Semarang (KAS) dalam acara Gelar Temu Yubelium Katekis KAS di Seminari Menengah Mertoyudan Ma­gelang, Jawa Tengah, Minggu, 25/9.

Acara bertema “Gelora Katekis, Su­kacita Gereja” ini menjadi momen bagi para katekis untuk berbagi pengalaman iman. Ketua Panitia, Basilius Agung Siswantoro mengatakan, kegiatan ini adalah sukacita bersama. Kehadiran para katekis memberi warna bagi per­kembangan Gereja, khususnya Gereja KAS.

Kardinal Darmaatmadja berterima kasih kepada para katekis karena re­la membantu perkembangan iman umat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada katekis karena selama ini saya belum pernah mengucapkan terima kasih kepada mereka,” ucap Kardinal.

Menurut Bapak Kardinal, Gereja bisa kacau bila hanya mengandalkan imam saja. Maka disitulah sangat dibutuhkan kehadiran katekis. “Kecenderungannya, seorang imam hanya mampu menjelas­kan dengan bahasa tinggi yang susah dimengerti. Maka katekis berfungsi me­nyederhanakan bahasa para romo.”

Simon Sudarman (Magelang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here