Renungan Jumat, 21 Oktober 2016 : Petunjuk Yesus

319
[sweetoldersister.blogspot.com]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XXIX; Ef 4:1-6; Mzm 24; Luk 12:54-59

INI soal membaca tanda-­tanda zaman. Setelah menyapa dan memuji orang ba­nyak karena kemampuan mereka menang­kap dan mengartikan alam semesta, Yesus kemudian mengajukan pertanyaan kunci, “Mengapa engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar” (ay.57).

Tanda zaman yang diambil sebagai con­toh sebenarnya bukanlah sesuatu yang  butuh keahlian khusus. Praktis setiap orang Yahudi tahu bahwa jika ada awan naik di se­belah barat, yang berarti awan dengan uap air dari Laut Mediterania, segera turun hu­jan. Dengan ini sebenarnya mau dikatakan bahwa orang dapat dengan mudah memahami dan segera memutuskan yang benar. Mestinya mereka juga bisa dengan mudah menangkap bagaimana Allah dalam diri Ye­sus sedang berkarya di tengah-­tengah me­reka. Bukankah Yesus sudah memberikan banyak petunjuk kepada mereka? Tetapi nyatanya mereka “tidak dapat menilai za­man ini” (ay.56).

Lalu? Sekarang pun Allah berkarya di tengah-­tengah kita, mengarahkan, dan membimbing kita melalui aneka peristiwa sederhana yang terjadi di tengah­-tengah kita. Apakah kita cukup taat me­nanggapi?

V. Indra Sanjaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here