Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap : Pesta Intan Si Lonceng

366
Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap
[Dok. HIDUP]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - USKUP Agung Medan Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap merayakan pesta intan kelahiran pada Minggu, 25/9. Perayaan berlangsung di Seminari Tinggi St Petrus Pematangsiantar, Sumatera Utara. Di hadapan frater dan imam, Mgr Anicetus berkisah tentang masa kecilnya. “Si Lonceng” adalah julukan yang ia dapat dari teman-temannya. Ini karena ia mengenakan lonceng sebagai “warisan” tradisi budaya Batak dari sang ayah. “Lonceng itu diikatkan di kaki dan tangan saya. Kalau saya lewat pas jam sekolah, banyak teman-teman menertawakan saya karena bunyi krincing-krincing…,” ungkapnya sambil tertawa.

Uskup yang gemar bermeditasi ini juga mengungkapkan mengenai resep awet muda, yakni berada di dekat orang muda. “Saya senang dengan orang muda. Ketika saya berada di tengah-tengah mereka, saya merasa jadi muda dan awet muda,” ujar Uskup kelahiran Negeri Asih, Sumatera Utara, 25 September 1941 ini.

Mgr Anicetus menaruh perhatian khusus kepada orang muda. Hal ini diwujudkan dengan gagasan Mega Bina Generasi Muda dalam Sinode VI Keuskupan Agung Medan. Menurutnya, generasi muda perlu mendapat perhatian khusus. Ia pun menunjuk beberapa katekis muda untuk mendampingi orang muda. “Saya punya misi agar generasi muda terhindar dari narkoba, pornografi , dan terorisme. Gereja harus menjadi oase dan benteng bagi generasi muda,” tandas “Si Lonceng”.

Fr Nicolaus Heru Andrianto

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here