PEMIMPIN HARUS MEMAHAMI

70
[cp-africa.com]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - SEBANYAK 20 peserta utusan dari 12 tarekat yang berkarya di Indo­nesia mengikuti Pelatihan Pembinaan Asrama dan Kaum Muda (PPAKM) di Ru­mah Retret Sasana St Maria Pangesthi Wening, Amba­rawa, Jawa Tengah, Kamis­ Rabu, 25/8­2/11. Pertemuan ini diprakarsai Kongregasi Bruder Maria Tak Bernoda (MTB) Indonesia.

Acara ini bertujuan melatih pa ra pembina agar tangkas dalam menghadapi kepribadian setiap subyek binaan. Menurut Ketua Panitia Bruder Gregorius MTB, pelatihan seperti ini sudah diadakan sembilan kali, berdasarkan permintan para pimpinan tarekat. Me­reka merasa, para pembina kadang belum punya bekal ketika di tugaskan sebagai formator.

Materi yang disiapkan da­lam pelatihan ini meliputi pembinaan dan kreativitas, spiritualitas pembina, psi­kologi remaja dan permasalahannya, analisa perma­salahan terapan, konseling dan pendampingan, kepe­mimpinan, katekese remaja, public speaking, seni peran, seksualitas, kesehatan re­produksi dan sebagainya. “Membekali para formator dan calon formator dengan pengetahuan seperti ini penting sehingga saat bertugas, mereka mengerti kehendak para subyek bina,” tutur Br Gregorius.

Z. Bambang Darmadi (Ambarawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here