Hari Minggu Misi: Jumlah Uskup Hanya Naik 1,2 Persen

20
Suasana Sinode Para Uskup di Roma tahun 2015. [katuliku.ee]
Hari Minggu Misi: Jumlah Uskup Hanya Naik 1,2 Persen
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – HARI Minggu Misi jatuh pada Minggu, 23/10. Tahun ini, peringatan Hari Minggu Misi telah berusia 90 tahun. Selain itu, dirilis data mengenai peningkatan jumlah Uskup secara mondial dalam Gereja Katolik, dari data resmi Vatikan (2014). Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah Uskup mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kecuali Uskup yang berlatar belakang imam diosesan di Oceania.

Jumlah Uskup di Gereja Katolik mengalami peningkatan sebanyak 64 Uskup baru, atau hanya 1,2 persen dari total jumlah pada 2013. Tahun 2014, Uskup di seluruh dunia berjumlah 5.237 Uskup. Peningkatan jumlah Uskup ini dialami oleh dua kategori, yakni pertama, Uskup yang berlatar belakang imam diosesan dan kedua, Uskup yang berasal dari imam religius. Agak berbeda dengan tahun sebelumnya, kenaikan jumlah hanya dialami oleh kategori pertama. Sedangkan kategori kedua mengalami penurunan tahun 2013.

Kategori pertama mengalami kenaikan 47 Uskup, menjadi 3.992. Kenaikan tersebut terjadi di seluruh benua, kecuali Oceania yang justru kehilangan satu Uskup. Sementara itu, jumlah Uskup di Amerika bertambah 20, Eropa bertambah 18, Asia bertambah sembilan, dan Afrika mendapatkan satu tambahan Uskup baru. Pada kategori kedua, jumlahnya mengalami peningkatan sebanyak 17, menjadi 1.245 Uskup. Peningkatan ini terjadi di seluruh benua, yaitu Eropa bertambah enam, Afrika bertambah lima, Asia bertambah tiga, Amerika bertambah dua, dan Oceania mendapatkan satu tambahan Uskup baru.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here