Komsos KAJ Adakan Pelatihan Membuat Website Gratis

24
Instruktur Pelatihan dari Komsos KAJ, Maurits Rakadewa sedang memaparkan materi. (HIDUP/A. Nendro Saputro)
Komsos KAJ Adakan Pelatihan Membuat Website Gratis
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – DALAM rangka reksa pastoral di zaman digital, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Jakarta (Komsos KAJ) mengadakan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan WEBSITE serta MEDSOS bagi Yayasan/Sekolah/Komisi-komisi/Komunitas Kategorial/Paroki di Gedung Karya Pastoral Lantai Dua, Kompleks Gereja Katedral Jakarta. Pada hari Sabtu, 12/11, yang lalu, pelatihan ini menginjak pada pertemuan kedua. Sekitar 30 peserta, hari itu dengan tekun menyimak penjelasan Instruktur Pelatihan dari Komsos KAJ, Maurits Rakadewa. Selain menyimak penjelasan, mereka juga langsung praktik menggunakan laptop mereka masing-masing. Sesekali para peserta bertanya dan instruktur pelatihan menjelaskan pelatihan hari itu yang memasuki topik “Order Domain dan Cpanel”.

Menurut Maurits Rakadewa, pelatihan ini sengaja diadakan untuk mendorong umat terjun dalam karya pewartaan Katolik di dunia digital dengan membuat website yang tidak mahal atau susah. “Jika para peserta pelatihan telah membuat website di tempat lain pun, tetap akan kita bantu. Lewat pelatihan ini, diharapkan umat Katolik berbondong-bondong bergabung dalam karya pewartaan di dunia internet ini,” ujarnya ketika ditemui HIDUP seusai pelatihan.

Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website gratis ini diadakan selama empat hari pada tanggal 5, 12, 19 dan 20 November. Di hari pertama, para peserta mendapat materi pengantar tujuan pelatihan, pembuatan website dan praktik membuat website dengan model WordPress secara offline. Pada hari kedua, mereka dibekali pengetahuan Order Domain dan instalasi Cpanel. Sedangkan hari ketiga, direncanakan akan diberi pelatihan pemasangan website secara online dan membangun website tersebut. Di hari terakhir, para peserta akan mendapat pelatihan pemanfaatan media sosial Facebook, Twitter, dan Youtube guna mendukung marketing atau share website mereka.

Seusai pelatihan, panitia berharap agar para peserta dapat membuat website yang baik, menarik dan aman untuk komunitas, lembaga, atau untuk diri mereka sendiri. Dan sebagai tindak lanjut dari pelatihan, Komsos KAJ juga berencana menindaklanjuti dengan menggelar Lomba Blogger Katolik. “Kompetisi ini akan kita launching pada Februari 2017. Diharapkan pada bulan Mei 2017 pemenangnya sudah bisa diumumkan,” pungkas Maurits.

A. Nendro Saputro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: redaksiwebs[email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here