Tiga Tema Besar Sebelum WYD di Panama

136
VATICAN-LETTER-CHURCH
5/5 - (1 vote)

HIDUP KATOLIK.COM PAUS Fransiskus telah mengumumkan sebuah dikasteri baru untuk keluarga pada awal Sidang Umum Sinode Para Uskup Dunia tentang Keluarga pada Oktober 2015 lalu. Dikasteri itu diberi tanggungjawab mengurus Awam, Keluarga dan Kehidupan untuk menggantikan Dewan Kepausan untuk Kerasulan Awam serta Dewan Kepausan untuk Keluarga. Sementara, Akademi Kepausan untuk Kehidupan akan digabungkan dalam dikasteri baru itu.

Dikasteri ini kemudian mengeluarkan tiga tema besar untuk World Youth Day (WYD). Seperti dilansir Radio Vatican (22/11), untuk WYD tahun 2019 akan diadakan di Negara Panama. Maka sebelum memasuki WYD di Panama, Dikasteri meminta anak muda untuk merefleksikan tiga tema dalam tiga tahun 2017-2019. Tema-tema tersebut adalah refleksi seputar Bunda Maria.

Pada tahun 2017, tema tentang “Jangan Takut, Maria, “Karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus,” (Luk.1:49). Tahun 2018 temanya adalah, “Jangan takut, hai Maria sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah,” (Luk 1:30). Sementara, tahun 2019 kaum muda harus merefleksikan tema, “Sesungguhnya, Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu,” (Luk.1:38).

Tema ini diharapkan menjadi refleksi kaum muda seluruh dunia sebelum perhelatan akbar WYD di Panama tahun 2019 mendatang. Tema ini diharapkan memacu anak muda untuk membaharui iman seperti Bunda Maria untuk selalu terbuka menerima panggilan Allah,” ujar Paus Fransiskus.

Yusti H.Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here