Jenderal Jesuit ke-29 Wafat

21
Pater Peter Hans Kolvenbach SJ. [ameblo.jp]
Jenderal Jesuit ke-29 Wafat
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PATER Peter Hans Kolvenbach SJ menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu, 26 November 2016 di Beirut, Lebanon. Mantan Superior Jenderal Jesuit itu wafat pada usia hampir 88 tahun. Sebenarnya empat hari lagi, Jesuit kelahiran Belanda, 30 November 1928 itu akan genap 88 tahun. Ia telah memimpin Serikat Yesus dalam situasi dunia yang terus dilanda ketidakadilan. Masa kepemimpinannya berjalan selama hampir 25 tahun (1983-2008).

Pater Kolvenbach mengikuti jejak pendahulunya, Pater Pedro Arrupe SJ yang mengundurkan diri dari kepemimpinannya sebagai Jenderal Jesuit. Imam yang tumbuh dalam tradisi Katolik Armenia itu mengajukan pengunduran diri dan diterima oleh Paus Benediktus XVI pada usia 80 tahun.

Dalam salah satu kesaksian dari Pater Timothy P. Kesicki SJ, Presiden Konferensi Jesuit Amerika, Pater Kolvenbach dipandang sebagai seorang pemimpin yang sederhana dan memiliki intuisi moderasi yang begitu tajam. “Dia memiliki talenta khusus untuk memotong langsung ke jantung masalah dengan keyakinan dan kecerdasan yang luar biasa. Dia memimpin Serikat Yesus selama seperempat abad dalam periode kritis sejarah kita. Kata-kata dan warisannya pasti akan menginspirasi generasi masa depan,” ungkapnya seperti dilansir www.americamagazine.org (26/11).

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here