Renungan Kamis, 1 Desember 2016 : Nubuat

25
[testimoniesofheavenandhell.com]
Renungan Kamis, 1 Desember 2016 : Nubuat
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - Masa Adven I; Yes 26:1-6; Mzm 118; Mat 7:21.24-27

DALAM Alkitab, bacaan pertama yang diambil dari Yes 26:1-6 terletak pada blok Yes 24-27 yang diberi judul Nubuat tentang Akhir Zaman. Tema akhir zaman biasanya adalah tema yang laris dijual kepada khalayak, terutama jika menyangkut siapa, bagaimana, dan kapan itu akan terjadi. Tetapi bukan itu yang mau saya bicarakan.

Yes 26:1-6 ini termasuk golongan mazmur kepercayaan. Dalam nyanyian ini diungkapkan sebuah keyakinan bahwa YHWH Allah Israel akan menjaga umat-Nya. Ia telah memasang tembok dan benteng di sekeliling kota mereka. Sementara kota-kota musuh “direndahkan-Nya sampai ke tanah dan dicampakkan-Nya sampai ke debu” (ay.6). Oleh karena itu, semua orang diajak untuk menyerahkan diri kepada-Nya. “Percayalah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan adalah gunung batu yang kekal” (ay.4).

Dalam pengalaman hidup beriman, mungkin tak jarang Allah sendiri dirasa jauh dan tidak terjangkau. Relasi menjadi kering dan dingin, bahkan mungkin membosankan. Mazmur ini mungkin bisa kembali meneguhkan kita untuk tetap yakin bahwa “pada waktu itu” nanti, Allah tetap akan bertindak. Dia adalah Allah yang bisa di andalkan seperti gunung batu yang tak tergoyahkan.

Lalu? Ungkapan “percaya kepada Tuhan” bukan pernyataan asing bagi kita. Tetapi mungkin kita bisa sekali lagi merenung, apa sebenarnya makna kata “percaya” bagi kita?

V. Indra Sanjaya

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here