TANAM POHON WUJUD TOLERANSI

115
Kelompok Gusdurian menanam pohon di Biara Karmel Malang.
[Agustinus Aris Kurniawan]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - ADA banyak cara untuk merayakan keberagamaan. Salah satunya dengan kegiatan sosial seperti yang dilakukan oleh komunitas Gusdurian atau para pengikut Gus Dur di Batu, Malang, Jawa Timur. Pada Sabtu, 19/11, para Gusdurian melakukan penanaman pohon di kompleks Biara Karmel Giripurno Batu. Acara ini digelar untuk memperingati Hari Toleransi Internasional yang dirayakan tiap 17 November dan Hari Tanam Nasional pada 28 November. Berbagai bibit pohon ditanam oleh 70 anggota Gusdurian.

Kegiatan tanam pohon diikuti perwakilan dari agama-agama dan kepercayaan. Beberapa mahasiswa dari universitas di sekitar Malang pun hadir. Koordinator kegiatan, Lili Sugianto Lie mengatakan, acara ini dimaksudkan untuk menjaga toleransi antaragama.

Senada dengan Lili, perwakilan dari Biara Karmel Romo Agung Wahyudianto OCarm mengatakan, dialog terjadi bukan saja di arena formal seperti ruang dialog tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari, seperti menanam pohon. Diharapkan, kegiatan seperti ini bisa menginspirasi gerakan yang lebih kuat. “Sebab toleransi itu indah, apalagi sambil menanam pohon,” ujar Romo Agung.

Agustinus Aris Kurniawan (Malang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here