Paus Fransiskus Menyerukan Stop Tentara Anak

112
Seorang tentara anak semasa perang Vietnam. (zenith.org)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – BULAN ini, Paus Fransiskus menyerukan agar seluruh umat katolik berdoa terutama untuk mengakhiri penggunaan tentara anak-anak, dan untuk orang-orang Eropa.

Niat doa-Nya yang universal untuk Desember adalah: “Bahwa skandal tentara anak dapat dihilangkan di seluruh dunia.”

Seruannya untuk evangelisasi adalah: “Orang-orang Eropa dapat menemukan kembali keindahan, kebaikan dan kebenaran Injil yang memberikan sukacita dan berharap untuk hidup,” demikian diberitakan izenit.org, (1/12).

Di seluruh dunia, di tahun 2014 ada sekitar 230 juta anak-anak tinggal di negara-negara yang terkena dampak konflik bersenjata. Sedangkan 15 juta terperangkap dalam konflik kekerasan di negara-negara seperti Republik Afrika Tengah (CAR) dan Sudan Selatan, ratusan diculik dan puluhan ribu direkrut atau digunakan oleh pasukan pemerintah dan kelompok-kelompok bersenjata.

Perekrutan dan penggunaan anak-anak oleh kelompok bersenjata adalah salah satu “enam pelanggaran berat” menurut Dewan Keamanan PBB. Namun praktek tersebut meresap, meskipun berbagai instrumen hukum yang bertujuan untuk melindungi hak-hak anak dalam konflik, demikian menurut africacheck.org. Pada tahun 2007, Unicef memperkirakan 250.000 anak-anak aktif di angkatan bersenjata di seluruh dunia.

Antonius E Sugiyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here