MEMBANGUN MENTAL TANGGUH REMAJA

125
Wendi Kusumowidagdo saat membagikan sertifikat penghargaan kepada disabilitas usai program pelatihan di OBI Eco Campus. HIDUP/Edward Wirawan
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – JIKA Anda orangtua dan ingin memiliki liburan yang bermanfaat bagi keluarga, khususnya bagi anak-anak berusia remaja, maka ikutilah Outward Bound POWER TEEN Camp & Expedition. Demikian tulis Wendi Kusumowidagdo, konsultan senior dan coach di Outward Bound Indonesia (OBI) dalam rilis yang diterima hidupkatolik.com, Selasa, 6/12.

Umat Paroki St Stefanus Cilandak ini menyebut, modernitas dan kemajuan teknologi memberi banyak kemudahan dalam kehidupan. Namun, di satu sisi, dapat berdampak negatif terhadap perkembangan anak secara mental, psikologis maupun fisik. Dalam banyak studi dan penelitian, lanjut Wendi, telah ditemukan peran positif dari kegiatan alam bagi anak untuk mengimbangi gaya hidup modern. “Di banyak negara di Eropa dan Amerika, Outdoor Education merupakan metode pengembangan anak yang integral dengan pendidikan formal,” ungkap lulusan Marketing Communications Ohio State University Amerika Serikat ini.

Untuk itu, Wendi melalui OBI Eco Campus menggelar Outward Bound POWER TEEN Camp & Expedition. Power teen, kata Wendi, merupakan program Outdoor Education bagi anak berumur 12 – 17 tahun. Program ini, lanjutnya telah terbukti bermanfaat untuk mengembangkan karakter, meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. “Acaranya berlangsung mulai 19 – 21 Desember 2016 di OBI Eco Campus, Jatiluhur, Jawa Barat,” ujarnya.

Program ini, lanjut Wendi bertujuan membawa anak beraktivitas di alam, sehingga bisa keluar dari zona nyaman, belajar tentang diri sendiri dan berkembang. Ia menambahkan, program pembangunan mental dan keperibadian ini dimulai dengan tantangan low impact untuk membangun kepercayaan dan inisiatif, berlanjut terus dengan tantangan yang lebih high impact seperti wall-climbing, navigasi, ekspedisi air dan darat, membangun alat transportasi bersama-sama, dan camping. “Mengapa kita adakan ini, karena sangat penting bagi perkembangan diri remaja.”

Wendi mengajak orangtua agar membawa anak-anaknya mengisi liburan dengan melibati program yang ia cetus. “Tentu ada bayarannya, tetapi saya jamin, orangtua dan anak remaja mereka akan puas,” kata Wendi. Selengkapnya terkait program ini termasuk untuk pendaftaran bisa diakses melalui www.OutwardBoundIndo.org

Dok. OBI
Dok. OBI

Outward Bound Indonesia adalah organisasi Outdoor Education pertama di Indonesia yang berlisensi internasional. “There is more in you than you think” adalah filosofi yang dicetuskan oleh pendiri Outward Bound, Dr. Kurt Hahn CBE di tahun 1941 yang menekankan pada penemuan potensi individu agar mampu merawat diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

Editor: Edward Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here