Merawat Rumah Bersama

86
Anggota Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Cabang Manado memasukan surat suara saat pemilihan Sekretaris Nasional FMKI periode 2016-2018.
[HIDUP/Yanuari Marwanto]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - LAIKNYA sebuah rumah yang harus selalu dijaga dan dirawat, demikian pula Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI). Dalam situs resmi Sekretariat Nasional FMKI, www.setnasfmki.org, disebut tujuan berdirinya forum komunikasi, informasi, pemberdayaan, advokasi serta jaringan kerja itu untuk menjadi “rumah bersama” berbagai organisasi massa Katolik, kategorial, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan individu.

Misi itu diserukan dalam Pertemuan Nasional (Pernas) X FMKI, di Hotel Bintang Raya, Cipanas, Jawa Barat, Jumat-Minggu, 25-27/11. Ada pertanyaan dari perwakilan ormas Katolik dan FMKI daerah, mengapa FMKI sebagai “rumah bersama” Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Pemuda Katolik, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, dan Wanita Katolik Republik Indonesia tak punya suara dalam pemilihan Sekretaris Nasional FMKI pada Pernas ini.

Hal itu memunculkan reaksi dari beberapa perwakilan ormas dan anggota FMKI daerah. Mereka menyarankan agar seruan itu menjadi pertimbangan dalam Pernas 2018 di Palangkaraya. Selain itu, sejumlah daerah belum ada FMKI atau yang dulu ada tapi kini telah “rubuh”. Kenyataan itu menjadi salah satu tanggung jawab Sekretaris Nasional.

Pernas yang dihadiri sekitar 160 peserta ini bertema “Memperkuat Habitus Anti Korupsi bagi Keberlanjutan dan Kemajuan Peradaban Bangsa Indonesia”. Sejumlah rekomendasi dihasilkan untuk pemerintah terkait gerakan anti korupsi.

Yanuari Marwanto (Cipanas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here