Adik Kandung Mgr Ignatius Suharyo Wafat

769
Pemberkatan Jenazah Yohanes Subagyo oleh Mgr Ignatius Suharyo didampingi Vikaris Jenderal RD Samuel Pangestu dan RD Purbo Tamtomo. Dok.HIDUP/A.Aditya Mahendra
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – RATUSAN umat berserta para kaum biarawan dan biarawati mengucapkan bela sungkawa kepada Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo atas kepergian adik kandungnya Yohanes Subagyo di Rumah Duka Sint Carolus, Kamis, 8/12. “Bapak Subagyo, sekitar jam delapan pagi tadi menghadap Tuhan sesudah menerima Sakramen pengurapan orang sakit. Sekitar sepuluh menit sesudahnya ia berpulang”, ungkap Mgr Suharyo dalam khotbah di Misa Requiem yang pertama.

Menurut Mgr Suharyo, adik tercintanya sudah tiga tahun mengidap penyakit gagal ginjal. “Selama tiga tahun ini hanya kebaikan Tuhan yang dia alami dan keluarga melalui tangan-tangan para dokter, suster suster bruder serta Imam,” ungkapnya menahan rasa sedih. Dijelaskan, sudah melalui perawatan-perawatan di beberapa rumah sakit mengalami pasang surut kesehatan dan meminta untuk dirawat di Rumah Sakit Sint Carolus Jakarta.

Mendiang Yohanes Subagyo. (Ist)
Yohanes Subagyo. (Ist)

Kepergiannya yang bertepatan dengan hari raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa menjadi waktu yang baik menurut Mgr Suharyo. “Saya percaya, kepergian Yohanes Subagyo ini sudah dalam rencana Tuhan dan kami semua sudah siap. Saya sempat bertanya kepada keluarga ‘Bapak pesan apa?’ mereka menjawab ‘tidak ada pesan apa-apa’. Jadi saya pikir mungkin selama ini dia sudah melakukan kebaikan,” tuturnya.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka Sint Carolus sampai hari Jumat, 9/12. Pada Jumat, 9/12, direncanakan akan diadakan Misa Requiem yang kedua pada pukul 19.00 WIB. Seusai Misa Requiem, jenazah akan dihantar ke Yogyakarta. Almarhum akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Mgr Suharyo di Sedayu, Yogyakarta pada Sabtu, 10/12.

A. Aditya Mahendra

Artikel Terkait:
> Mendiang Yohanes Subagyo dimata Sang Kakak (Mgr Ignatius Suharyo)
> Pesan dan Kenangan Adik Mgr Suharyo Sebelum Meninggal

mgr-suharyo-menemui-para-pelayat
Mgr Suharyo menemani para pelayat adiknya berdoa di depan peti jenazah, Jumat, 9/12. (HIDUP/A. Nendro Saputro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here