SEMINARIS SAMBANGI PESANTREN

92
Para frater bersama anggota Pondok Pesantren Al-Barokah.
[Fr. Nicolaus Heru Andrianto]
1/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com - CALON imam tingkat II STFT St Yohanes Pematangsiantar, Sumatera Utara, mengadakan silaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Barokah, Senin, 28/11. Silahturahmi ini dimotori dosen Filsafat Islam, Romo Alex Silaen OFMCap. Kegiatan yang berlangsung di Aula Ponpes Al-Barokah ini bertujuan agar para frater dan santri saling belajar hidup berkomunitas, penghayatan iman, dan pendidikan yang mereka jalani.

Pimpinan Ponpes Abdul Somat mengatakan, “Pendidikan di pesantren ini tak hanya membina keimanan, melainkan juga melihat bagaimana psikologi dan bakat-bakat serta kepribadian anak-anak.” Senada dengan Somat, pengurus ponpes Mohamad Syafi’i Saragih menjelaskan, para santri diharapkan mampu mengejawantahkan spiritualitas dalam perbuatan.

Sementara, Romo Alex mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenal kehidupan penganut agama lain. “Saya punya misi agar para calon tenaga pastoral mampu belajar sehingga kelak di lapangan, mereka dapat menjalin kerja-sama dan membuka pintu dialog lintas agama,” ungkapnya.

Ponpes ini menampung lebih dari 500 santri yang terbagi dalam 11 kelas, tiga kelas SMA dan delapan kelas SMP. Kegiatan silaturahmi diakhiri dengan berkeliling kompleks ponpes, baik lokasi pertanian, peternakan, ruang-ruang belajar para santri maupun beberapa rumah karyawan.

Fr Nicolaus Heru Andrianto (Pematangsiantar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here