Kemuliaan Allah adalah Manusia yang Hidup

Konferensi Pers di Gedung Karya Pastoral KAJ dalam perayaan Natal 2016

HIDUPKATOLIK.com – YESUS yang lahir adalah penampakan dari Kemuliaan Allah. Kemuliaan Allah adalah manusia yang hidup. Sehingga dalam setiap pribadi manusia, yang hidup sungguh-sungguh sebagai pribadi yang dewasa dan bermartabat, di situlah Kemuliaan Allah terlihat. Hal ini menjadi inti dari pesan Paus Fransiskus menyambut Natal tahun ini.

Berkaitan dengan itu, Mgr Ignatius Suharyo dalam konferensi pers di Gedung Karya Pastoral KAJ, Jakarta Pusat, 25/12, mengungkapkan pesan ini sesuai dengan dengan tema yang dipilih Keuskupan Agung Jakarta, “Amalkan Pancasila; Makin Adil Makin Beradap”.

“Ketika komunitas Kristiani dan masrayakat pada umumnya semakin adil dan beradap di situlah kemuliaan Allah dapat dilihat,” kata Mgr Suharyo. Setiap orang apabila ingin melihat kemuliaan Allah seperti itu, tidak ada jalan lain kecuali terlibat untuk membuat masyarakat semakin adil dan semakin beradap.

Bagaimanapun juga keberadaban dalam masyarakat harus terus dikembangkan. Ada banyak indicator yang menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat akan hal ini. “Dalam masyarakat yang beradap, yang paling lemah adalah yang paling harus dihormati,”ungkap Mgr Suharyo. Kuncinya adalah amalkan pancasila, bentuknya seperti apa yang itu yang harus dicari.

Antonius E Sugiyanto

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*