Renungan Rabu, 4 Januari 2017 : Bertindak Bijak

[sunandshield.wordpress.com]

HIDUPKATOLIK.com – Pekan sebelum Epifani; BcE. 1Yoh 3:7-10; Mzm 98:1,7-9; Yoh 1:35-42

PANDANGAN dan opini publik terhadap berbagai isu serta peristiwa politik pemerintahan di Indonesia, terutama di Jakarta yang terjadi sejak bulan Oktober 2016 yang lalu pasti sangat beragam. Bagaimana dengan pendapat kita sebagai umat beriman Kristiani?

Surat Pertama Yohanes menegaskan, “Anak-anakku, janganlah membiarkan seorang pun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar; […] (1Yoh 3:7-8). Ajaran ini sangat jelas dan mesti kita resapi setiap katanya. Yohanes ingin menempatkan kebenaran di atas segala, dan kebenaran itu tidak tunduk pada tekanan dan desakan apapun.

Oleh sebab itu, kita layak bertindak bijak dan memahami dengan jelas mana tanda kebenaran yang diwujudkan oleh anak-anak Allah dan mana tanda kesesatan yang dibawa oleh anak-anak iblis. Sebagai anak-anak Allah, hendaknya kita tidak reaktif terhadap segala hal atau siapapun yang menyesatkan. Sebaliknya, kita mesti berani dan setia menyatakan kasih dan kebenaran melalui perilaku sehari-hari. Kondisi saat ini menuntut kita sebagai murid-murid Kristus untuk berani bersaksi dan tampil sebagai anak-anak terang.

Theresia Vita Prodeita

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*