Selamat Ulang Tahun, Paus Fransiskus

52
Paus Fransiskus meniup lilin kue ulang tahun ke-80.
[LOsservatore Romano]
Selamat Ulang Tahun, Paus Fransiskus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - Pada ulang tahun yang ke-80, Paus kebanjiran ucapan selamat. Ia meminta Gereja berdoa bagi kesehatannya.

PARA peziarah menunggu kehadiran Paus Fransiskus di lapangan St Petrus Vatikan. Beberapa peziarah memegang spanduk kecil bertuliskan “Selamat Ulang Tahun” dalam berbagai bahasa. Paus Fransiskus genap berusia 80 tahun pada Sabtu, 17/12. Begitu Paus muncul, para peziarah bersorak seraya mengangkat spanduk ucapan selamat yang mereka pegang. “Terima kasih atas ucapan, harapan, dan doa dari Anda semua,” seru Paus.

Dilansir Radio Vatikan (17/12), pada hari ulang tahunnya, Paus Fransiskus tetap menjalankan aktivitas sesuai agenda yang telah ditetapkan. Dia menerima kunjungan Presiden Malta Marie-Louise Coleiro Preca dan beberapa tamu lain, serta Prefek Kongregasi untuk Para Uskup, Kardinal Marc Qullet.

Sepekan terakhir, Paus Fransiskus mulai dibanjiri pesan dari seluruh dunia. Pesan-pesan itu dikirim lewat tujuh alamat email yang sengaja dibuat Takhta Suci untuk menampung pesan ucapan selamat kepada Paus Fransiskus. Tujuh email itu dibuat sesuai nama Paus Fransiskus dengan menggunakan tujuh bahasa: Jerman, Italia, Spanyol, Perancis, Inggris, Latin, dan Yunani.

Usai audiensi dengan peziarah, Paus merayakan Misa khusus bersama lebih dari 60 Kardinal yang tinggal dan bekerja di Vatikan di Kapela Paulina. Dekan Kolegium Kardinal, Kardinal Angelo Sodano menyampaikan ucapan selamat kepada Paus dan menegaskan bahwa para Kardinal akan tetap bersama Paus. “Doa kami selalu menyertai terutama pada hari yang indah ini,” kata Kardinal Sodano.

Di hadapan para Kardinal, Paus secara terbuka mengatakan, beberapa hari terakhir ini ia dihantui rasa takut akan kata “usia tua”. “Ada kata bijak, usia tua adalah kursi kebijaksanaan. Mari berharap itu juga berlaku untuk saya,” katanya seraya meminta doa bagi kesehatannya.

Paus Fransiskus memiliki riwayat beberapa penyakit, seperti sakit di bagian panggul dan pada masa muda salah satu paru-parunya telah diambil karena menderita radang. Meski demikian, dalam beberapa kesempatan ia menegaskan akan setia melayani Takhta St Petrus hingga ajal menjemput. Claudio Baglioni, penyanyi kenamaan Italia mempersembahkan konser khusus untuk merayakan ulang tahun Paus di Vatikan. Hasil konser ini akan digunakan untuk kegiatan amal.

Edward Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here