HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Antisipasi Kekerasan pada Perempuan

14
Dosen Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, Bernadetta T. Wulandari mempresentasikan materi seminar.
[HIDUP/Stefanus P. Elu]
Antisipasi Kekerasan pada Perempuan
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - KOMISI Nasional (Komnas) Perempuan merilis data Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi di Indonesia selama 2016. Kasus/perkara yang ditangani oleh Pengadilan Agama sebanyak 321.752 kasus. Kasus yang masuk melalui lembaga layanan mitra Komnas Perempuan sebanyak 16.217 kasus. Dari kasus-kasus itu, sebanyak 11.207 kasus terjadi di ranah rumah tangga, 6.725 kasus kekerasan terhadap istri, 2.734 kasus kekerasan selama pacaran, dan 930 kasus kekerasan terhadap anak perempuan.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Bernadetta T. Wulandari mengatakan, melihat grafik KDRT yang masih sangat tinggi itu mengundang semua pihak untuk berkontribusi. “Kita semua yang ada di sini diundang untuk ikut mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujar Bernadetta dalam seminar di Aula Paroki St Matius Penginjil Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu, 17/12.

Seminar bertajuk “Keluarga Sekolah Kehidupanku” ini merupakan kerjasama antara Paroki Bintaro dan Program Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Atma Jaya. Lebih dari 50 umat menghadiri seminar ini. Selain mempresentasikan jumlah kasus KDRT, tim Atma Jaya juga menjelaskan proses hukum yang harus dilalui bila terjadi KDRT.

Muncul beberapa pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Pertanyaan itu seputar cara dan ke mana mereka bisa mengadu bila melihat tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di tempat tinggal mereka masing-masing.

Stefanus P. Elu

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here