Saling Memahami

26
Romo Adrianus Herry Widjayanto SJ memberkati seorang “sahabat spesial”.
[HIDUP/Karina Chrisyantia]
Saling Memahami
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - ROMO Adrianus Herry Widjayanto SJ tiga kali turun dari panti imam saat merayakan Misa untuk umat berkebutuhan khusus (UBK) di Gereja St Yohanes Penginjil Blok B, Jakarta Selatan, Sabtu, 7/1. Pertama, ia menyambut dan menyapa UBK satu persatu pada awal Misa. Kedua, ia mendoakan dan memberkati mereka masing-masing. Ketiga, ia menyapa tiap UBK pada penghujung Misa.

Selain itu, Romo Herry juga memberi kesempatan para orangtua UBK untuk berbagi pengalaman dalam pendampingan mereka. Paroki juga menyediakan intrepreter selama perayaan berlangsung agar UBK bisa berpartisipasi aktif, misal pada bagian “jawaban umat”.

Menurut Romo Herry, Misa UBK untuk memperhatikan “sahabat-sahabat spesial”. Misa ini diadakan tiap bulan pada Sabtu pekan kedua. “Agar mereka bisa membiasakan diri dan mengikuti Ekaristi dengan umat lain.”

Tina Ratna Utari Harsono menengarai, tak hanya UBK yang mesti memahami keadaan umat, umat lain seharusnya memahami keadaan dan kehadiran UBK. “Mungkin ada beberapa umat yang masih kurang nyaman (dengan kehadiran UBK saat Misa bersama umat-Red),” jelas anggota Komunitas God’s Little Hand, penyelenggara Misa untuk UBK ini.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here