HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Umat Katolik Ikut Gerak Jalan Hari Amal Bakti Kemenag RI

15
Menag Lukman Hakim Saifuddin melepas resmi peserta gerak jalan kerukunan dalam rangka peringatan HAB ke-71 Kemenag. (foto:boy).
Umat Katolik Ikut Gerak Jalan Hari Amal Bakti Kemenag RI
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – TUJUH puluh satu tahun lalu, tepatnya pada 3 Januari 1946, Pemerintah Republik Indonesia atas usul Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) telah membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Haji Mohammad Rasjidi sebagai Menteri Agama yang pertama. Peristiwa pembentukan Kementerian Agama ini selalu diperingati Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan nama perayaan Hari Amal Bakti.

Tahun ini, perayaan Hari Amal Bakti memasuki angka yang ke-71 dan perayaannya telah dibuka pada Selasa, 3/1/2017. Selama beberapa hari, perayaan Hari Amal Bakti ini dihiasi dengan beragam acara seperti pertandingan olahraga, lomba kesenian, fun bike, bakti sosial, dan malam Tasyakur. Dan pada Minggu, 22/1/2017, seperti dilansir dari kemenag.go.id, (23/1), perayaan Hari Amal Bakti juga diwarnai dengan acara gerak jalan kerukunan dihadiri beberapa tokoh lintas agama dan sekitar empat ribu peserta dari seluruh unit kerja eselon I, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Unit Percetakan Al-Quran (UPQ) Ciawi, Ormas Keagamaan, Perbankan, keluarga besar Kementerian Agama, dan masyarakat perwakilan dari beberapa agama.

Sebelum gerak jalan dimulai, acara diawali dengan penampilan Barongsai dan sambutan dari Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutannya, Menag mengatakan bahwa gerak jalan kerukunan ini merupakan upaya dalam memperkuat kebersamaan. Selain itu kegiatan ini juga merupakan usaha manusia untuk menjaga kesehatan dan kewarasan tubuhnya. Di akhir sambutan, Menag juga berpesan, agar para peserta gerak jalan senantiasa menghadirkan agama dengan segenap jiwa, rasa dan cinta.

Seusai sambutan, Menag Lukman Hakim berkenan melepas peserta gerak jalan dari Lapangan Upacara Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta. Seusai melepas, Menag ikut membaur bersama para peserta menyusuri rute gerak jalan ke Jalan Pejambon, mengitari Lapangan Monas dan finish di Halaman Kantor Kementerian Agama RI.

Dok. bimaskatolik.kemenag.go.id
Dok. bimaskatolik.kemenag.go.id

Dalam acara ini tampak pula rombongan umat Katolik yang juga ikut dalam Gerak Jalan Kerukunan ini. Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi beserta Ibu Susana Binsasi Sarumaha, menyambut hangat kehadiran rombongan umat Katolik ketika sampai di kantor Kemenag. Setelah acara gerak jalan dibuka, rombongan umat Katolik ini menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Garuda Pancasila, Maju Tak Gentar, dll., di sepanjang rute perjalanan.

Tampak hadir pula dalam rombongan umat Katolik, Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan-Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Agus Ulahayanan mewakili KWI. Menanggapi acara ini, Romo Agus menyampaikan bahwa partisipasi umat Katolik dalam Gerak Jalan ini mengandung pesan untuk memotivasi masyarakat supaya semakin memperhatikan kesehatan fisik, kesehatan sosial yang ditandai lewat hubungan dengan sesama yang menjadi semakin baik, juga kesehatan alam semesta lewat adanya keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam semesta. “Apabila ketiga hal tersebut telah terwujud akan bermuara pada terciptanya kebahagiaan umat manusia dan kemuliaan Allah menjadi semakin nyata,” ujarnya.

Selain Romo Agus, tampak pula Romo Antonius Suyadi bersama rombongan dari Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), dan Vox Point Indonesia (VPI). “Rombongan ini merupakan tanda bahwa umat Katolik bagian dari keberagaman umat beragama di Indonesia. Semoga kehadiran umat Katolik yang ada ini sungguh memberikan warna kebersamaan di tengah kemajemukan yang ada dan memberikan kontribusi untuk kehidupan bersama yang lebih baik di Indonesia ini,” ungkap Romo Antonius Suyadi.

A. Nendro Saputro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here