Syukur Ulang Tahun Para Uskup

301
Mgr Suwatan menari bersama para frater dan suster.
[HIDUP/Br Marianus BTD]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - Merayakan hari ulang tahun imamat, kelahiran, dan syukur purna tugas, para uskup belajar mensyukuri rahmat panggilan yang diberikan Tuhan.

TIDAK lazim melihat Uskup Manado Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSC menari. Tapi, saat acara syukuran ulang tahun imamat yang ke-48, Mgr Suwatan menari. Pada usia yang sudah kepala tujuh, Mgr Suwatan ikut memeriahkan aneka kegiatan yang disuguhkan dalam perayaan ulang tahun imamatnya. Bertepatan dengan Hari Penampakan Tuhan, Forum Komunikasi Hidup Bakti (FKHB) Keuskupan Manado merayakan pesta imamat Mgr Suwatan di aula Panti Semadi Tomohon, Sulawesi Utara, Minggu, 8/1.

Acara yang dihadiri para imam, biarawan-biarawati, dan umat tersebut diawali dengan Misa yang dipimpin Mgr Suwatan. Dalam khotbah, Uskup yang menerima tahbisan imamat pada 8 Januari 1969 ini, mengajak biarawan dan biarawati untuk merefleksikan perjalanan panggilannya masing-masing. Katanya, perjalanan panggilan ibarat perjalanan Tiga Majus yang datang menyembah Yesus. Mereka datang dari daerah masing-masing dan mempersembahkan apa yang ada pada mereka. “Tidak gampang menemukan Bayi Yesus. Tetapi ketika bertemu, hati mereka bersukacita,” kata Mgr Suwatan.

Selain Mgr Suwatan, Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto MSF juga merayakan ulang tahun imamat ke-35. Mgr Harjo mengatakan, imamat harus direfleksikan, tanpa mesti dirayakan. Ia dan lima rekannya yang ditahbiskan imam bersamanya pada 6 Januari 1982 mengadakan retret di Biara Kana Salatiga, Rabu-Jumat, 28-30/12 lalu. Tujuannya saling menguatkan. “Paling penting dalam panggilan adalah teman seperjuangan. Karena mereka, kita bisa kuat dalam melangkah. Segala masukan dan refleksi mereka menjadi kekuatan bagi saya,” ungkap Mgr Harjo.

Sementara itu, pada 21 Januari ini Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono juga merayakan ulang tahun imamat ke-35. Mgr Sutikno ditahbiskan sebagai imam pada 21 Januari 1982. Selain itu, Uskup Emeritus Bogor Mgr Cosmas Michael Angkur OFM juga merayakan hari ulang tahun kelahiran ke-80 pada 4 Januari 1937 lalu. Saat ini Mgr Angkur tinggal di Labuan Bajo, NTT.

Di Keuskupan Purwokerto, Jawa Tengah, juga diadakan Misa purna tugas Mgr Julianus Kema Sunarka SJ di Katedral Kristus Raja Purwokerto, Selasa, 10/1. Dalam khotbah, Mgr Sunarka mengucapkan terima kasih kepada semua biarawan dan biarawati, dan umat yang telah mendukung tugas penggembalaannya. Mgr Sunarka akan tinggal di Wisma Emmaus di Girisonta, Semarang, Jawa Tengah.

Yusti H.Wuarmanuk
Laporan: Br Marianus BTD (Manado)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here