HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Guru Harus Berkembang

22
Ferry Doringin sedang memaparkan materi seminar.
[HIDUP/Edward Wirawan]
Guru Harus Berkembang
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - SISWA berprestasi lahir dari kelas yang menyenangkan. Demikian pendapat Ferry Doringin, pakar manajemen pendidikan dalam seminar “Nyalakan Kelasmu dengan Multiple Intellegences”. Lebih dari 200 guru Sekolah Katolik se-Dekenat Barat II hadir di Aula Gereja Maria Kusuma Karmel Jakarta Barat, Sabtu, 21/1.

Seorang guru, jelas Ferry, harus punya mindset yang selalu baru mengenai pembelajaran. Hal itu dimulai dengan menerapkan active learning, yakni memberikan peran kepada siswa sesuai kemampuan dan bakat mereka. “Jangan hanya guru terus yang ngomong,” jelas dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Nusantara ini.

Siswa, lanjutnya, senantiasa berubah dan dinamis. Karena itu, guru juga harus berubah dan mengembangkan pembelajaran yang adaptif sesuai perubahan siswa. “Kita masuk melalui pintu siswa, lalu keluar melalui pintu kita.”

Jebolan Universitas de La Salle, Manila ini menilai kelemahan pendidikan Katolik susah berubah karena sudah punya konsep dan rekam jejak sukses. Padahal pada era keterbukaan seperti ini, banyak lembaga pendidikan non-Katolik yang mulai unjuk gigi di pasar. “Bagaimana laku di pasaran kalau kualitas yang kita tawarkan itu-itu saja? Kita harus berubah jadi meyenangkan.” Arnold Darmanto, Ketua Sentra Belajar Guru (SBG) Dekenat Barat II menjelaskan, seminar ini menjadi upaya SBG meningkatkan kemampuan guru, khususnya leadership dan spiritualitas.

Edward Wirawan

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here