Doa Rekonsiliasi Gereja

529
Paus Fransiskus menyapa Uskup Lutheran Kaarlo Kalliali dan cucunya.
[L’Osservatore Romano]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - Paus mengajak mencintai Kitab Suci. Pesan Kitab Suci dapat membantu orang mengalami rahmat Tuhan.

GEREJA merayakan Pekan Doa Sedunia pada 18-25/1. Delegasi Lutheran dan denominasi Gereja Reformasi datang ke Vatikan. Uskup Turku (Lutheran), Kaarlo Kalliali memimpin delegasi Lutheran Finlandia.

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus mengenang kembali perjalanannya ke Swedia pada penghujung Oktober 2016. Kunjungan itu menandai 500 tahun Reformasi Gereja sekaligus 50 tahun dialog resmi Katolik-Lutheran. “Berada di sana memberi kami keberanian dan kekuatan dalam Tuhan kita Yesus Kristus untuk melihat perjalanan ekumenis; bahwa kita dipanggil berjalan bersama.”

Bapa Suci berterima kasih atas kedatangan delegasi Lutheran, khususnya Uskup Kalliali yang datang bersama cucunya. “Kita butuh kesederhanaan anak-anak: mereka akan menunjukkan jalan yang membawa kita kepada Yesus Kristus,” ujar Paus seperti dilansir Radio Vatikan (20/1).

Segendang sepenarian, Presiden Dewan Kepausan untuk Persatuan Umat Kristiani Kardinal Kurt Koch juga menyambut gembira kedatangan delegasi Lutheran. Kardinal Koch menyebut, 2016 sebagai tahun yang sangat ekumenis. Hal itu ditandai dengan beberapa momen, seperti pertemuan Paus dengan Patriark Orthodoks Rusia di Havana, Kuba, pertemuan dengan beberapa Patriark lain, dan pertemuan dengan Lutheran di Swedia.

Tema Pekan Doa Sedunia tahun ini adalah “Rekonsiliasi: Cinta Kristus Mendorong Kita”. Tema ini dipilih dalam kesempatan 500 tahun Reformasi di Swedia. Pekan Doa Sedunia ditutup pada Rabu, 25/1, dalam sebuah vesper yang dipimpin Bapa Suci.

Edward Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here