HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Renungan Sabtu, 11 Februari 2017 : Inti Sama

36
[iamthewordthecomforter.blogspot.com]
Renungan Sabtu, 11 Februari 2017 : Inti Sama
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa V; Kej 3:9-24; Mzm 90; Mrk 8:1-10

KISAH memberi makan ribuan orang pada Mrk 8:1-10 di wilayah Dekapolis ini masih merupakan bagian pelayanan kepada masyarakat non-Yahudi. Bila pada kisah sebelumnya, perempuan Siro-Fenisia “hanya menerima rempah-rempah roti”, maka kini yang diberikan adalah “roti seutuhnya”.

Namun dibandingkan dengan kisah pertama pemberian makan bagi ribuan orang pada Mrk 6:30-44 di sekitar Betsaida (lih Luk 9:10), wilayah orang Yahudi, kisah pemberian makan yang kedua di Dekapolis, wilayah non-Yahudi ini, memiliki beberapa perbedaan mencolok. Di Dekapolis, jumlah penerima roti 4.000 orang, sedangkan di Betsaida 5.000 orang “laki-laki”. Di wilayah non-Yahudi itu, bahan dasar mukjizat tersebut adalah tujuh roti serta beberapa ikan; yang tersisa pun hanya tujuh bakul (lih. ay 6-9). Sedangkan mukjizat di wilayah Yahudi, dimulai dengan jumlah yang lebih kecil, lima roti dan dua ikan, dan “berakhir” dengan sisa yang lebih banyak, 12 “bakul penuh” (Mrk 6:43).

Perbedaan itu hanya untuk menunjukkan konteks. Intinya tetap sama, yaitu dalam kedua mukjizat itu, Allah-lah yang memulainya, yaitu dari Yesus yang “tergerak hati-Nya oleh belas kasihan” (lih.ay.2).

Henricus Witdarmono

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here