Belajar Mengenal Potensi Diri

200
dok pribadi
Rate this post

HIDUPKATOLI.COM-SIAPAPUN diri kita, apapun profesinya, dimanapun tinggalnya, dan berapapun usianya, memiliki potensi diri yang dapat dikembangkan dan tidak ingin gagal. Oleh karena itu marilah merenung sejenak mengenali potensi-potensi apa yang anda miliki? Bagaimana, kapan, dimana, mengapa, siapa, dan seterusnya kita mengembangkan bahkan dapat melesatkan potensi diri kita. Demikian diungkapkan Bupati Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah Marukan Hendrik dalam seminar bertemakan, “Yakin Hidup Sukses Dengan Mengoptimalkan Potensi Diri Sendiri dan Meramu Kepemimpinan Katolik yang Aspiratif dan Akomodatif,” di Aula Serba Guna Paroki Stella Maris Siantan, Pontianak, Minggu, 12/02.

Hendrik melanjutkan, Mengenal diri sendiri amatlah penting dalam hidup ini. Sebab orang yang mengenal dirinya akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Ia akan pandai menempatkan diri dalam pergaulan. Juga mampu mengelola kelebihannya (potensi) untuk meraih keberhasilan hidup di masa depan. “Setiap manusia memiliki bermacam-macam potensi diri yang dapat dikembangkan. Tidak sedikit manusia belum sepenuhnya mengembangkan dan menggunakan potensi yang ada pada dirinya,” ungkap Hendrik.

Sebagai orang Katolik, Hendrik mengharapkan agar bisa mengenal potensi diri sendiri dan hambatan serta peluang dalam diri. Ketika orang Katolik kurang mampu mengelola potensi diri maka dia pun akan bingung menentukan bakat atau talenta yang Tuhan berikan. Sebab talenta yang Tuhan berikan itu berbeda-beda. “Tuhan mengharapkan agar kita bisa melihat talenta itu sebagai passion kita dalam mengikuti Tuhan,” demikian Hendrik

Yusti H.Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here