Rencana Kunjungan Paus 2017

121
Paus Fransiskus saat menerima kunjungan Imam Besar Universitas Al-Azhar, Sheikh Ahmed Mohamed el-Tayyeb.
[cnsttopstories.com]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com - Paus akan mengunjungi Portugal dan Kolombia pada tahun ini. Rencana kunjungan Paus ke beberapa negara sedang serius dipelajari, termasuk ke Mesir.

DIREKTUR Kantor Berita Vatikan, Greg Burke merilis rencana kunjungan Paus Fransiskus ke beberapa negara tahun ini. Pernyataan Burke dibuat sebagai tanggapan wawancara Paus Fransiskus dengan Die Zeit. Dalam wawancara dengan Mingguan Jerman itu, Paus Fransiskus menyampaikan rencana perjalanan kepausan, termasuk rencana kunjungan ke Mesir.

Vatikan, kata Burke, sedang mempelajari rencana kunjungan Paus ke Mesir. “Tapi belum ada program dan tanggal yang pasti untuk perjalanan tersebut,” kata Burke, sebagaimana dilansir news.va (11/3).

Pada Mei 2016, Paus Fransiskus menerima kunjungan Imam Besar Universitas Al-Azhar Kairo, Sheikh Ahmed Mohamed el-Tayyeb. Beberapa pengamat Vatikan menilai, perjumpaan dua tokoh ini menjadi awal baru peningkatan hubungan antara dua negara, setelah kunjungan terakhir Paus Yohanes Paulus II pada Februari 2000.

Langkah lanjut dari perjumpaan itu, Lembaga Islam Sunni Al-Azhar dan Vatikan menggelar seminar bertema
“Memerangi Terorisme dan Ekstrimisme” di Kairo, akhir Februari lalu. Seminar ini melahirkan kesepakatan antara kedua institusi untuk bekerja sama dalam topik itu, termasuk menolak kekerasan atas nama agama. Abdel-Fattah ll-Sisi, Presiden Mesir dalam kunjungan ke Vatikan, 2014, juga menyampaikan undangan khusus kepada Paus Fransiskus agar datang ke Negeri Firaun itu.

Vatikan telah memastikan kunjungan Paus ke Portugal pada Mei dalam rangka perayaan 100 tahun penampakan Bunda Maria di Fatima. Sementara pada September, Paus akan berkunjung ke Kolombia. India dan Bangladesh juga
masuk dalam daftar negara yang akan dikunjungi Paus. Kunjungan ke Sudan Selatan juga dipertimbangkan, namun belum ada kepastian karena situasi perang di negara itu.

Edward Wirawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here