Silaturahmi Komisi HAK Regio Jawa ke Masjid Agung Jawa Tengah

205
Dok. Romo Aloys Budi Purnomo
1/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – PESERTA Lokakarya Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (Komisi HAK) Regio Jawa dan sejumlah Panitia yang sebagian besar adalah orang-orang muda Katolik (OMK) di bawah koordinasi Kom HAK Keuskupan Agung Semarang (KAS) mengadakan kunjungan silaturahmi ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Agenda ini lahir secara spontan atas tawaran untuk memanfaatkan waktu beristirahat dari rangkaian Lokakarya yang diselenggarakan di Hotel Pandanaran Semarang, Jawa Tengah, Jumat-Minggu, 17-19/3. Setelah tawaran tersebut diterima peserta, panitia mengirim pesan melalui SMS kepada Fatquri Busyeri, salah satu karyawan TU MAJT, menyampaikan rencana kunjungan tersebut.

Meski mendadak, dan kendati para pengurus MAJT tidak bisa menyambut kunjungan karena sedang ada acara di tempat lain, melalui Fatquri, Muhyiddin – Sekretaris Pengurus MAJT mengirim SMS dan menulis, “Dengan senang hati kami bermaksud hormat atas kunjungan para tokoh agama ke MAJT, hanya saja dengan sangat menyesal para pengurus DPP MAJT ada acara ke Klaten hari ini. Kalau hanya sekedar berkunjung dan mencoba naik menara dan melihat-lihat MAJT, sumangga kula aturi dengan senang hati dan bisa dipandu oleh salah satu karyawan kami.”

Sesudah makan siang, rombongan Lokakarya yang terdiri dari Ketua Kom HAK Keuskupan Agung Jakarta Romo Antonius Suyadi, Wakil dari Kom HAK Keuskupan Bogor Romo Mikael Endro Susanto, Perwakilan Kom HAK Keuskupan Bandung Romo Agustinus Sugiharto OSC, Perwakilan Kom HAK Keuskupan Purwokerto Romo Robertus Suraji, Perwakilan Kom HAK Keuskupan Malang Romo Ignatius Adam Suncoko Pr, Perwakilan Kom HAK Keuskupan Surabaya Romo Aloys Widya Yanuar bersama Panitia dari KAS dan para anggota Tim Kerja HAK masing-masing meluncur menuju MAJT.

Setiba di MAJT, rombongan diterima para karyawan MAJT Benny Ariel Hidayat, M. Agri dan Ali Musyafak. Rombongan kemudian diajak menikmati ketinggian Menara Asma Al-Husna setinggi 99 meter. Menara ini merupakan bagian dari kompleks MAJT yang dibangun dalam perpaduan Jawa dan Arab. Menara terdiri dari 19 lantai. Rombongan menikmati dari lantai tertinggi lalu diajak turun ke lantai 3 dan 2 melihat museum perkembangan Islam Jawa Tengah.

Sesudah menikmati menara tersebut, rombongan sempat berjumpa dan berbincang dengan Wakil Ketua III Pengurus MAJT, Agus Fathudin Yusuf. Sesudah itu, rombongan diterima di salah satu ruang pertemuan oleh Benny Ariel Hidayat dan Ali Musyafak. Meski bersifat darurat dan serba cepat-cepat, tanpa mengurangi rasa hormat, silaturahmi ini berlangsung dengan sukacita sesuai tema Lokakarya Kom HAK Regio Jawa “Sukacita Merajut Hidup Inklusif, Inovatif dan Transformatif dalam Masyarakat Multikural”.

Romo Aloys Budi Purnomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here