Aneka Persiapan Umat Menyambut Minggu Palma | | HIDUPKATOLIK.com

Aneka Persiapan Umat Menyambut Minggu Palma

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Persiapan Minggu Palma dari Balikpapan, Kalimantan Timur. Dok. @Emirita Sumarni
Aneka Persiapan Umat Menyambut Minggu Palma
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PERINGATAN Minggu Palma dua hari lagi akan kita rayakan. Setelah umat mengikuti segala aktivitas Masa Prapaskah, kini mereka akan bersiap memasuki Pekan Suci dengan diawali perayaan Minggu Palma. Liturgi Minggu Palma ini akan diawali dengan pemberkatan daun palma dan perarakan meriah mengelu-elukan Yesus yang datang dalam nama Tuhan. Lewat prosesi ini maka perayaan ini disebut Minggu Palma.

Sebagai persiapan, umat di penjuru pelosok nusantara telah mulai mengumpulkan daun-daun palma untuk menyemarakkan perayaan Minggu Palma ini. Seperti yang Redaksi HIDUPKATOLIK.com kumpulkan dari pembaruan status jejaring sosial Facebook (FB) pada Jumat, 7/4, sudah ada beberapa umat yang memperbarui status FB-nya dengan foto atau info-info tentang persiapan menyambut Minggu Palma yang dipasang dengan ketentuan bisa dilihat oleh publik. Seperti yang dilakukan pemilik akun @Itack Lestari dari Labuanbajo, Nusa Tenggara Timur. Ia mengunggah foto dengan keterangan, “Edisi cari daun Palma… Biar masa puasanya makin mantap…” tulisnya.

Pemilik akun @Deddy Kurniawan dari Sibolga, Sumatera Utara juga mengunggah fotonya pada Jumat, 7/4, sekitar pukul 14.00. Ia memberi keterangan foto, “Untuk Persiapan Minggu Palma, kami OMK Katedral, hari ini lagi memanen daun palma”.

Sedangkan pemilik akun @Emirita Sumarni dari Balikpapan, Kalimantan Timur menunjukkan aktivitas persiapan Minggu Palmanya dengan keterangan foto, “Dengan penuh ketekunan dan ketelitian memilih-milih daun Palma yg segar, mulus dan bersih . Untuk misa Minggu Palma di Greja Dahor (Gereja Katolik St. Petrus & Paulus, Balikpapan, Red.)”.

“Aksi naik gunung dan turun lembah hari ini. Kita ambil daun palma di kampung hamboyo, untuk perayaan minggu palem. Semoga Tuhan memberkati,” merupakan keterangan foto pemilik akun @Martin Ate dari Weetebula, Nusa Tenggara Timur yang menunjukkan aksi mencari daun palmanya sampai ke gunung.

Ada juga foto dari pemilik akun @Andreas asal Pontianak yang tinggal di DKI Jakarta. Pada Kamis, 6/4, ia mengunggah foto dengan keterangan, “Lagi nyiapin daun palma”.

Selain beberapa umat yang telah mempersiapkan daun-daun palma, ada juga foto-foto pelatihan merangkai daun palma yang dilakukan tim-tim dekorasi paroki seperti foto yang diunggah pemilik akun @Agnes Eka. Ia mengunggah foto-foto kegiatan persiapan dekor di Gereja Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria, Bandung, Jawa Barat dengan keterangan foto, “Seru nya belajar kreasi daun palma untuk persiapan dekor Minggu Palma…”.

Berbeda dengan Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya (Paroki Kelasapa). Untuk memperindah gerejanya dalam acara Minggu Palma ini, mereka bahkan belajar secara khusus ke Paroki Roh Kudus Surabaya pada Rabu, 22/3, seperti yang ada dalam foto akun FB @Komsos Kelsapa. “Dekorasi sering dipandang sebelah mata. Namun, perannya penting untuk mempercantik altar. Daun palma yang dipakai untuk Minggu Palma terkesan biasa saja. Karena tergerak oleh usulan umat ini, sie dekorasi tergerak dan berinisiatif untuk belajar dari Paroki Roh Kudus Surabaya pada hari Rabu 22 Maret 2017,” demikian kutipan penjelasan foto yang mereka cantumkan.

Comments on Facebook