HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Paus akan Basuh Kaki Narapidana

12
Paus mencium kaki seorang pengungsi pada perayaan Kamis Putih tahun lalu. (catholicweekly.com.au)
Paus akan Basuh Kaki Narapidana
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - PAUS Fransiskus akan membasuh kaki narapidana di penjara Paliano, di bagian selatan Roma, Italia, saat Misa mengenang perjamuan terakhir Yesus, pada Kamis Putih, 13/4. Vatikan telah merilis rencana Paus yang akan melakukan perjalanan pada Kamis petang ke penjara Paliano, seperti dilansir Radio Vatikan, (6/4).

Tradisi kunjungan Paus ke penjara sepertinya menjadi kebiasaan sejak ia terpilih pada Maret 2013. Pada Kamis Putih tahun 2013, ia melakukan perjalanan ke pusat tahanan remaja Casal del Marmo di Roma. Kala itu, untuk pertama kali, ia membasuh kaki seorang perempuan dan Muslim.

Tahun berikut, Bapa Suci merayakan Kamis Putih di Don Gnocchi Roma yang menampung para penyandang disabilitas. Tahun 2015, lagi-lagi, Paus berkunjung ke penjara Rebibbia Roma untuk merayakan Kamis Putih. Sementara tahun lalu, Bapa Suci membasuh kaki pra pengungsi, di antaranya ada yang beragama Hindu dan Islam.

Kardinal Tagle membasuh mencium kaki seorang penyandang difabel saat Kamis Putih tahun lalu di Katedral Manila. (cbcpnews.net)
Kardinal Tagle membasuh mencium kaki seorang penyandang difabel saat Kamis Putih tahun lalu di Katedral Manila. (cbcpnews.net)

Sementara, Agung Manila, Filipina, Kardinal Luis Antonio Tagle berencana membasuh kaki para mantan pecandu narkoba dan Polisi pada perayaan Kamis Putih nanti. Kehadiran para mantan pecandu narkoba dan Polisi ini menjadi isyarat damai di tengah kasus pembunuhan di luar hukum yang meningkat terkait narkoba di Filipina.

Ritual Kamis Putih akan berlangsung di Katedral Manila. Ketua Komisi Komunikasi Keuskupan Agung Manila, Pastor Roy Bellen menegaskan kembali, dari 12 orang yang akan dibasuh, ada mantan pecandu narkoba, Polisi, dan keluarga korban pembunuhan terkait narkoba. Pada tahun-tahun sebelumnya, Kardinal Tagle pernah membasuh kaki orang tua, perempuan, dan penyandang difabel.

Y. Prayogo

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here