HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Mukjizat Kebangsaan bagi Indonesia

21
Mgr Suharyo memimpin Misa Paskah bersama umat di lingkungan TNI dan Polri.
[HIDUP/Yusti H. Wuarmanuk]
Mukjizat Kebangsaan bagi Indonesia
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com - Makna Paskah adalah merawat Pancasila sebagai mukjizat Tuhan untuk Indonesia.

Indonesia adalah mukjizat Tuhan yang tak sekaligus jadi, tapi butuh perjuangan terus-menerus. “Kita perlu bersyukur kepada Tuhan atas mukjizat kebangsaan untuk bangsa kita,” ajak Uskup Militer Indonesia Mgr Ignatius Suharyo, dalam khotbahnya saat Misa Paskah bersama umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri di Gereja St Valentino Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, 18/4.

Dalam sejarah bangsa, kata Mgr Suharyo, Indonesia berdiri dengan tonggak-tonggak kebangsaan yang jelas, salah satunya adalah Pancasila. “Karena itu, Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dalam lima tahun ini membahas tentang Pancasila,” bebernya.

Paskah bersama ini mengambil tema “Jadikanlah Keteladanan Yesus Kristus Sebagai Landasan Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Guna terwujudnya TNI/Polri yang Kuat, Hebat, Profesional, dan Dicintai Rakyat serta Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian”. Tema ini digagas dari Ardas KAJ tahun kedua yaitu “Amalkan Pancasila: Makin Adil, Makin Beradab”.

Bagi Uskup Agung Jakarta ini, Paskah adalah momen transformasi iman umat sebagai penerima mukjizat Tuhan. Transformasi itu tak lain adalah lepas dari perbudakan dosa, peristiwa gelap menuju terang, dan menjaga Pancasila. Pastor Bantuan Militer TNI/ Polri, Romo Rofinus Neto Wuli menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan dan syukur umat di Keuskupan TNI/Polri atas peristiwa kebangkitan Tuhan.

Romo Roni, sapaannya, pun meminta para prajurit beserta seluruh keluarganya selalu proaktif menjaga Indonesia sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan. “Paskah adalah solidaritas bersama untuk mengamalkan Pancasila agar semakin beriman juga semakin meng-Indonesia,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia perayaan, Kolonel Inf. Agustinus Dedy Prasetyo mengatakan, peristiwa Paskah adalah transformasi militansi yang luar biasa dari Tuhan. Sebagai pelindung keamanan, TNI dan Polri siap menunjukkan semangat militansi untuk merawat Indonesia dari segala bentuk gangguan yang mengancam kebhinnekaan bangsa.

Dalam perayaan itu hadir pula para imam yang berkarya di lingkungan TNI dan Polri, antara lain Romo Heribertus Warnoto (Pastor di lingkungan Pusbintal Mabes TNI), Romo Albertus Hendaryono (Pastor di lingkungan TNI AL), serta Romo Bernardus Hari Susanto (Pastor di lingkungan TNI AU). Selain itu, hadir pula Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama, Eusabius Binsasi. Pada kesempatan itu pula, Mgr Suharyo memberkati menara lonceng Gereja St Valentino dan berdialog dengan para prajurit serta keluarganya.

Yusti H. Wuarmanuk

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here