Selamat Jalan Pastor Janssen

72
Romo Paulus Henricus Janssen CM
[Dok. Suster Alma]
Selamat Jalan Pastor Janssen
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - KABAR duka datang dari Malang, Jawa Timur. Romo Paulus Henricus Janssen CM meninggal dunia di Rumah Sakit Panti Waluyo Malang, Kamis, 20/4, pukul 14.00. Pastor Janssen lahir di kota kecil Venlo, Belanda, pada 29 Januari 1922. Ia adalah putra dari pasangan Hubertus Janssen dan Maria Helena Fillot. Sejak masa kecil, ia tak memiliki cita-cita lain kecuali menjadi misionaris.

Pada 1940, ia masuk biara CM dan ditahbiskan menjadi imam, 13 Juli 1947. Moto imamatnya “Kamu adalah alat pilihan untuk-Ku, untuk membawa nama-Ku ke bangsa-bangsa. Dan Aku akan menunjukkan kepadamu betapa banyak engkau akan bersusah-payah demi nama-Ku”. Moto ini kemudian membawa dia menjadi misionaris di Asia, khususnya Filipina, Republik Rakyat Tiongkok, dan kemudian bersama Pastor J. Van Mensvoort CM datang ke Indonesia. Ia memulai karya di Kediri.

Pastor Janssen banyak dikenal berkat tiga karyanya yang gemilang, yakni mendirikan Institut Pastoral Indonesia (IPI) Malang (1968), membentuk tarekat sekulir ALMA (1967), dan lembaga panti asuhan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di bawah naungan Yayasan Bhakti Luhur. Selain itu, ia menjadi guru besar di IKIP Malang dan mendirikan Sekolah Menengah Pekerja Sosial serta Institut Pembangunan Masyarakat (1969), keduanya ada di Malang. Ia terus menjadi bapak rohani bagi karyakarya yang ia dirikan sampai akhir hidupnya.

Aris Kurniyawan (Malang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here