Gema Bartolucci di Katedral Jakarta | | HIDUPKATOLIK.com

Gema Bartolucci di Katedral Jakarta

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Capella Victoria Jakarta Choir dalam penampilannya di Katedral Jakarta
Gema Bartolucci di Katedral Jakarta
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – UMAT Katolik di Indonesia rasanya tidak banyak yang mengenal Kardinal Domenico Bartolucci. Namun namanya tidak bisa begitu saja dilupakan. Di zaman modern, ia berjasa menjadi composer musik-musik liturgi Gereja yang paling berpengaruh untuk 50 tahun terakhir. Sebagai penghormatan dan peringatan 100 tahun kelahiran Kardinal Bartolucci, Capella Victoria Jakarta (CVJ) mengadakan konser di Katedal St Maria Diangkat Ke Surga, Jakarta, 6/5.

Puluhan karya Kardinal Bartolucci seketika menggema memenuhi setiap sudut katedral. Setiap karya membawa setiap penonton seakan berada di dalam Baslika St Petrus Roma, tempat dimana karya-karya Kardinal Bartolucci sering dinyanyikan. Para penonton itu tak hanya menikmati, tapi dalam sebuah penampilan mereka bahkan bernyanyi bersama CVJ.

Dalam konser ini CVJ bekerjasama dengan Fondazione Card. Domenico Bartolucci, sebuah yayasan di Italia yang mengambil nama dari mendiang Kardinal Bartolucci. Herman Yoseph Tan mengungkapkan, ciri khas karya Kardinal Bartoluci adalah kesetiaannya pada teks Kitab Suci. Pendiri CVJ ini menambahkan, dalam setiap karya itu, nampak jelas kesetiaan Kardinal Bartolucci pada liturgi Gereja. “Sebagai sebuah karya musik liturgi, karya-karya Kardinal Bartolucci selalu berusaha menghadirkan Kristus bagi setiap orang yang mendengarnya. Karya-karya itu juga menjadi pewartaan akan Sabda Tuhan.”

Selain CVJ, konser malam itu juga menghadirkan Avanti Choir dari paroki St Servasius Kampung Sawah. Dalam penampilan malam itu, mereka membawakan beberapa karya musik liturgi di bawah arahan Martinus Makabeus.

Antonius E. Sugiyanto

Comments on Facebook