Musik Liturgi dan Sabda Tuhan | | HIDUPKATOLIK.com

Musik Liturgi dan Sabda Tuhan

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Capella Victoria Jakarta Choir dalam penampilannya di Katedral Jakarta
Musik Liturgi dan Sabda Tuhan
Mohon Beri Bintang

MUSIK yang dipakai dalam Liturgi Gereja Katolik tidak bisa sembarangan dipilih bahkan tidak sembarangan bisa diciptakan. Mendiang Kardinal Domenico Bartolucci adalah komposer musik Liturgi yang setiap kepada teks Biblis dalam setiap karyanya. Pesan-pesan Injil ini jelas terdengar dalam penampinal Capella Victoria Jakarta (CVJ), di Katedral St Maria Diangkat Ke Surga, Jakarta, 6/5.

Herman Yoseph Tan mengungkapkan, sudah sekitar sepuluh tahun CVJ menyanyikan karya-karya Kardinal Bartolucci. Menurutnya, konser CVJ kali ini adalah penghormatan kepada sumbangan Kardinal Bartolucci untuk Liturgi gereja. “Musik liturgi seharusnya bersumber dari teks Biblis, Kardinal Bartolucci menunjukkan bahwa musik Liturgi yang lahir dari Sabda Tuhan mampu membawa setiap orang semakin memahami misteri keselamatan,” ujar pendiri CVJ ini.

Kardinal Domenico Bartolucci memilih moto “Psallam Deo meo”, ‘Aku bernyanyo bagi Tuhan’, saat diangkat sebagai kardinal oleh Paus Benediktus XVI pada 20 November 2010 di Roma. Moto ini pula yang dijadikan takut konser CVJ kali ini. Seluruh nyanyian dalam konser kali ini merupakan gubahan Kardinal Domenico Bartolucci.

Vittorio Sandalli yang adalah Duta Besar Italia untuk Indonesia juga hadir dalam konser ini. Selain itu ada juga Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede yang datang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Antonius E. Sugiyanto

Comments on Facebook