Renungan Selasa, 9 Mei 2017 : Orang Kristen | | HIDUPKATOLIK.com

Renungan Selasa, 9 Mei 2017 : Orang Kristen

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

[dondaniele.blogspot.com]
Renungan Selasa, 9 Mei 2017 : Orang Kristen
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pekan Paskah IV; Kis 11: 19-26; Mzm 86: 1-7; Yoh 10: 22-30

DIKATAKAN dalam Kis 8:1b penganiayaan menyebabkan para pengikut Kristus menyingkir (ay.19), semakin jauh dari Yerusalem. Seperti biasa, mereka tidak hanya melarikan diri. Kepergian mereka ini justru menjadi kesempatan mewujudkan perintah Yesus yang bangkit, yaitu mewartakan Kabar Sukacita mulai dari Yerusalem sampai ke ujung bumi (bdk. Kis 1,8). Orang menyebut situasi seperti ini Blessing in Disguise, berkat yang tersembunyi di balik sesuatu yang tidak menyenangkan.

Bacaan hari ini memberi sebuah catatan menarik dengan mengatakan bahwa “di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (ay. 26). Sebelumnya mereka disebut “murid” (6,1), “orang kudus” (9,13) atau “saudara” (10,23). Sebutan “orang Kristen” (christianos) berkaitan dengan kata Kristus, sebuah pengakuan religius bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan. Maka hampir tidak mungkin sebutan ini diberikan oleh orang Yahudi. Mungkin sebutan ini berasal dari orang-orang di Antiokhia.

Lalu? Christianos bisa berarti pengikut Kristus atau berkaitan dengan Kristus. Kita juga orang-orang Kristen. Kita pengikut Kristus, orang yang mengikuti Kristus. Tapi marilah kira renungkan hal ini: dalam hal apa sebenarnya kita “mengikuti” Kristus?

Romo V. Indra Sanjaya

Comments on Facebook