Keuskupan Baru di Honduras

103
Mgr José Antonio Canales Motiño menerima ucapan selamat dari umatnya. [fidesdiariodigital.files.wordpress.com]
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – Gereja Honduras bersyukur atas lahirnya keuskupan baru di negara republik di Amerika Tengah ini. Awal tahun ini, tepatnya 2 Januari, Paus Fransiskus meresmikan pendirian Keuskupan Danlí, keuskupan kesepuluh di negara yang diapit dua lautan ini, Samudera Pasifik di Selatan dan Laut Karibia di Utara. Pada saat yang sama, Bapa Suci menunjuk Mgr José Antonio Canales Motiño sebagai Uskup Danlí.

Uskup kelahiran 19 Maret 1962 itu ditahbiskan sebagai Uskup Danlí pada 11 Maret lalu. Uskup Pentahbis Utama adalah Kardinal Maradiaga, didampingi dua Uskup Pentahbis Pendamping: Uskup San Pedro Sula, Mgr Angel Garachana Pérez CMF dan Uskup Choluteca, Mgr Guy Charbonneau PME. Mgr Motiño adalah imam Praja Keuskupan San Pedro Sula, yang menerima tahbisan imam pada 12 Oktober 1996.

Sebagai Uskup Danlí, Mgr Motiño akan menggembalakan sebagian teritori Keuskupan Agung Tegucigalpa. Ada sebelas paroki yang dimekarkan menjadi Keuskupan Danlí dari Keuskupan Agung Tegucigalpa. Luas wilayah keuskupan baru ini sekitar hampir 7.500 kilometer persegi. Mgr Motiño dibantu oleh 18 imam, 13 imam Diosesan dan lima imam religius. Sementara itu, ada dua bruder dan 24 suster yang turut memperlancar reksa pastoral di keuskupan baru ini.

Honduras berbatasan dengan Guatemala di bagian Barat, El Salvador di Barat Daya, dan Nikaragua di Tenggara. Di negara ini, terdapat satu Provinsi Gerejani yang terdiri dari Keuskupan Agung Tegucigalpa sebagai Keuskupan Agung Metropolitan dengan sembilan keuskupan sufragan. Keuskupan Agung Tegucigalpa digembalakan oleh Kardinal Oscar Andrés Rodríguez Maradiaga SDB, yang merupakan Koordinator Dewan Kardinal besutan Paus Fransiskus.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here