Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup | | HIDUPKATOLIK.com

Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Kardinal Julius Darmaatmaja Saat memimpin Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup Agung Semarang
Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup
Mohon Beri Bintang

DALAM tradisi Gereja Katolik, sehari sebelum seorang uskup ditahbiskan, akan diadakan Salve Agung. Dimana dalam Salve ini, akan diberkati aneka insignia yang adalah perengkapan seorang yang akan digunakan selama seorang Uskup memimpin di keuskupannya. Pada umumnya upacara ini akan dihadiri seluruh uskup yang hadir dalam acara pentahbisan. Selain itu tentu para imam, biarawan-biarawati serta umat.

Bagian inti dari Salve Agung ini adalah pengingkraran kesetiaan kepada Bapa Suci dan pengakuan iman Uskup. Pada Salve ini Uskup terpilih akan mengucapkan janji setia kepada Paus. Setelah itu pemimpin Salve akan memberkati insignia (atribut penanda uskup) yang akan dipakai oleh Uskup baru dalam tugas penggembalaan. Atribut itu diantaranya mitra, cincin, kalung salib, dan tongkat gembala.

Ibadat Agung ini dimulai dengan puji-pujian dan lantunan mazmur. Seluruh umat mengikuti ibadat ini dengan suasana khusyuk dan khidmat dan terlibat aktif dalam setiap doa dannyanyian.

Comments on Facebook