HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Profil Romo Greg, Pastor yang Baru Lulus Disertasi di UIN Syarif Hidayatullah

137
Romo Gregorius Soetomo SJ (HIDUP/A. Nendro Saputro)
Profil Romo Greg, Pastor yang Baru Lulus Disertasi di UIN Syarif Hidayatullah
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – DI tengah hangatnya suasana politik di Indonesia seusai Pilkada DKI Jakarta, tersiar kabar menyejukkan dari Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada Rabu, 24/5, mereka menggelar ujian disertasi seorang pastor dari komunitas Jesuit Indonesia yaitu Romo Gregorius Soetomo SJ.

Enam guru besar dalam bidang Sejarah Islam, Filsafat Sejarah, dan Sejarah Politik Islam seperti Prof. Dr. Masykuri Adbillah, Prof. Dr. Didin Saepudin MA, Prof. Dr. Sukron Kamil MA, Prof. Dr. M. Sastrapratedja SJ, Prof. Dr. Azyumardi Azra MA, dan Prof. Dr. Iik Arifin Mansurnoor MA yang menguji merasa senang atas suksesnya Romo Greg-sapaan Romo Gregorius Soetomo SJ dalam mempertahankan disertasi setebal 200-an halaman. Mereka juga senang, lewat disertasi ini ada pemuka agama Katolik yang berkenan memberikan kontribusi intelektual terhadap wacana sejarah Islam.

Romo Greg lahir di Purwokerto, Jawa Tengah pada 27 Oktober 1964. Ia adalah seorang rohaniwan Gereja Katolik Roma, tepatnya seorang imam dari Ordo Serikat Yesus. Pendidikan Sarjana Strata Satu, di tempuh Romo Greg di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Setelah bergabung dengan Jesuit, Romo Greg lalu menjalani aneka pendidikan di Ordo Jesuit dan filsafat di STF Driyarkara Jakarta. Pada tahun 1996 sampai 2000, ia sempat studi teologi di Ateneo de Manila University, Manila, Filipina. Sejak tahun 2013, ia melanjutkan studi di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dengan konsentrasi Studi Pemikiran Islam hingga menyelesaikan disertasi pada Rabu, 24/5.

Sebelum studi di UIN Syarif Hidayatullah, Romo Greg pernah menjadi dosen di STF Driyarkara Jakarta pada tahun 2000-2001. Pada 2002, ia diangkat menjadi Pemimpin Redaksi/Delegatus Majalah Mingguan Katolik HIDUP dan berkarya di media milik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) itu selama 12 tahun. Di tengah kesibukannya, Romo Greg juga masih sempat menjadi pembina Asrama Mahasiswa STF Driyarkara Jakarta sejak tahun 2000 sampai sekarang.

Selain banyak menulis esai, karya ilmiah, dan mempublikasikan sejumlah artikel, Romo Greg juga menulis beberapa buku antara lain berjudul Sains dan Problem Ketuhanan (1995); Kekalahan Manusia Petani (1997); Revolusi Damai (1998); Krisis Seni Krisis Kesadaran (2003); dan Semangat Lebih Yesuit (2009).

Dalam disertasi kali ini, Romo yang juga aktif terlibat dalam komunitas lintas-iman dan agama serta menjabat sebagai Assistant Program to Asia Pasific Theological Encounter Program (APTEP) dan Wakil Direktur APT P of the Jesuit Asia Pacific Conference ini berhasil meraih predikat cum laude dengan IPK 3,75. Dalam sejarah UIN Syarif Hidayatullah, Romo Greg kini menjadi alumnus doktor kedua yang mampu menyelesaikan studi doktor selama dua tahun. Ia juga tercatat sebagai imam atau pastor pertama yang berhasil menggondol gelar doktor di universitas tersebut.

A. Nendro Saputro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here