HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Herman Yosep Tan : Cinta Musik Liturgi

4
Herman Yosep Tan
[Dok. Pribadi]
Herman Yosep Tan : Cinta Musik Liturgi
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com - MUSIK dalam liturgi Gereja Katolik tak bisa sembarangan dipilih atau diciptakan. Seperti mendiang Kardinal Domenico Bartolucci (1917-2013), komposer musik liturgi yang setia kepada teks biblis dalam setiap karyanya, Herman Yosep Tan memegang semangat ini dalam mendampingi Capella Victoria Jakarta (CVJ) di setiap penampilannya.

Sejak berdiri tahun 2006, CVJ mulai membawakan karya-karya Kardinal Bartolucci. Sebagai pendiri CVJ, Herman ingin menampilkan keindahan dan keagungan karya musik liturgi. “Saya menyukai musik liturgi sejak masa kuliah. Awalnya suka begitu saja, tidak ada maksud untuk mendalami secara serius,” ungkap kelahiran 31 Oktober 1977 ini.

Herman berpendapat, musik liturgi yang baik tak cukup hanya berdasar pengalaman spiritual dan iman sang pencipta. “Musik liturgi yang baik, harus mengabdi kepada teks, sehingga musik yang tercipta bisa menjadi sebuah pewartaan Sabda Tuhan,” kata alumnus STIE Indonesia Rawamangun, Jakarta Timur itu.

Meski tak pernah menjalani pendidikan musik secara khusus, Herman mendalami musik liturgi dengan serius. “Saya menilai, beberapa karya musik yang kadang dipakai dalam liturgi di Indonesia, kadang tidak mengabdi pada teks,” ungkap pengagum komposer Geovanni Pierluigi da Palestrina ini.

Antonius E. Sugiyanto

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here