HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Para Uskup Se-Jawa mengunjungi Pusat Kendali DKI Jakarta: “Tolong jangan ke Jakarta!”

9
Para Uskup Regio Jawa, panitia, dan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
[Dok. Pemprov DKI Jakarta]
Para Uskup Se-Jawa mengunjungi Pusat Kendali DKI Jakarta: “Tolong jangan ke Jakarta!”
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comDjarot berpesan, agar para Uskup ikut mencegah laju urbanisasi ke Jakarta.

PARA Uskup Regio Jawa mengunjungi Kantor Gubernur DKI Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat,  akhir bulan lalu. Kunjungan itu berlangsung di sela pertemuan mereka di Pusat Pastoral Samadi Klender, Jakarta Timur, sejak Selasa hingga Rabu, 30-31/5. Datang ke balaikota, para Uskup mengenakan baju koko khas Betawi, berkalung sarung, dan berkopiah hitam.

Biasanya, para Uskup mengenakan pakaian resmi-non liturgis ketika berkunjung kelembaga pemerintah, seperti jubah putih dengan sabuk sutra ungu. Menurut Romo Vincentius Adi Prasojo, dengan berpakaian seperti itu, dapat dimaknai sebagai sebuah bentuk berteologi. “Itu ide kami, panitia. Kami ingin berteologi kontekstual dan mencintai budaya lokal kejakartaan,” ujar Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta ini.

Sebagai tuan rumah, Mgr Ignatius Suharyo memandu para koleganya, bertemu dengan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. “Untuk mendengar sedikit cerita dan silaturahmi agar saling mengenal. Kebanyakan kami cuma melihat (Djarot-Red.) lewat televisi,” kata Uskup Agung Jakarta ini.

Djarot mengucapkan terima kasih atas kunjungan serta sapaan para Uskup. Setelah pertemuan, Djarot memandu para Uskup ke ruang kendali Jakarta Smart City. Di sini para uskup melihat sistem kontrol dan pengawasan Pemprov DKI Jakarta. “Suatu kehormatan menerima kunjungan para Uskup se-Pulau Jawa, yang datang ke Balaikota untuk berdiskusi tentang membangun Jakarta yang transparan. Kunjungan ini juga dilanjutkan ke Jakarta Smart City untuk melihat sistem kontrol dan pengawasan yang dimiliki Pemprov,” tulis Djarot di akun Instagram-nya, @djarotsaifulhidayat.

Djarot juga menyelipkan pesan kepada para Uskup agar terlibat dalam mencegah laju urbanisasi, yang marak terjadi paska Lebaran nanti. “Tolong dikasih tahu jangan datang ke Jakarta. Lebih baik bekerja di masing-masing wilayah,” ujarnya.

Pertemuan Uskup Regio Jawa merupakan kegiatan tahunan. Dalam jumpa rutin itu hadir Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm, Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono, dan Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC. Selain itu hadir pula Romo Tarcisius Puryatno sebagai Administrator Diosesan Keuskupan Purwokerto. Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM tak hadir karena masih dirawat di RS Carolus Jakarta.

Antonius E. Sugiyanto

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here