Vox Point Indonesia Merawat Toleransi Dengan Buka Puasa Bersama | | HIDUPKATOLIK.com

Vox Point Indonesia Merawat Toleransi Dengan Buka Puasa Bersama

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Vox Point Indonesia Merawat Toleransi Dengan Buka Puasa Bersama
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM– Vox Populi Institute atau Vox Point Indonesia  (VPI) menggelar acara buka bersama dengan umat Muslim, di Sanggar Prathivi Building, Jl. Pasar Baru Selatan No. 23, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Acara buka bersama ini, sabagai salah satu cara  VPI merawat keberagaman dan hubungan harmonis dengan saudara-saudari Muslim.

Adapun yang hadir dalam buka bersama ini, sahabat muslim dari Majelis Taklim Saung Timur Cakung dan Majelis Taklim Al-Ikhlas Taiman – Gedong, Jakarta Timur.

Acara penuh persaudaraan ini di isi Tauziah yang dibawakan oleh Wasekjen PBNU periode 2015-2020, Kyai Haji Imam Pituduh.

Ketua Panitia, Wiliam Yani, menjelaskan, buka puasa bersama ini salah satu bentuk Silahturahmi  dengan umat muslim.  Artinya persaudaraan antara umat Muslim dan Katolik sangat kuat.  Yeni menjelaskan, buka puasa bersama biasanya dilakukan oleh partai politik atau lembaga-lembaga besar. Namun, kehadiran Vox Point Indonesia merubah itu.

“Dengan acara buka bersama ini kita diberi kesehatan dan saling menjaga hubungan kita yang sudah terjalin dengan baik. Ini adalah cara Vox Point Indonesia untuk menjaga hubungan baik bersama teman-teman Muslim,” kata Wiliam Yani.

Senada dengan itu, Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handojo Budhisedjati, menegaskan salah satu tujuan  buka bersama ini, yakni untuk menjaga silaturahmi bersama umat agama lainnya.

Dengan begitu, kata Handojo, kita mempunyai kekuatan yang cukup besar untuk mempertahankan 4 konsesnsus dasar yakni UUD 1945, NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dari berbagai ancaman, baik dari dalam negeri maupun yang datang dari luar negeri.

“Vox berjuang untuk tetap mempertahankan NKRI, serta menjaga Pancasila agar tetap menjadi dasar negara kita. Dan, itu menjadi komitmen kami, bersama rekan-rekan dari Nahdlatul Ulama (NU) untuk tetap konsisten menjaga negara Indonesia,” tegas Handojo.

Handojo, menambahkan walaupun usia Vox Point Indonesia baru satu tahun, namun kiprah dan tanggung jawabnya yang konsen dengan isu-isu sosial politik dan kemasyarakatan akan sangat membantu memberikan edukasi sosial politik kemasyarakatan kepada umat Katolik.

Dengan begitu, sambung Handojo, upaya pengurus pusat untuk melahirkan Vox di daerah akan sangat membantu kelompok umat beragama lainya khususnya NU untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

“Acara silaturahmi jangan haya sekali, bukan pula hanya di ruangan seperti ini, tapi bisa juga di lapangan,” kata Handojo.

Sementara Kyai Haji Imam Pituduh menjelaskan buka bersama ini sebagai momentum refleksi dan kebangkitan bersama sesama warga bangsa.

“Acara ini mempertemukan berbagai hal, terutama semangat kebhinekaan, semangat kehidupan beragama yang damai dan juga memeprtemukan kita sebagai umat manusia. Sekaligus memepertemukan kita sebagai saudara warga bangsa Indonesia,” kata Imam Pituduh.

Kyai Haji Imam Pituduh menegaskan acara ini sesuatu yang strategis untuk menjaga keberagaman. Karenanya iya berharap  Silahturahmi  ini harus dilestarikan demi merawat keutuhan bangsa Indonesia.

“Maka untuk itu, mari kita membangun gerakan bersama dengan cara membentuk barisan kekuatan bersama dan bangun silaturahmi yang intens. Silaturahim seperti ini adalah menyambung persaudaraan. Hidup adalah kasih karena jika tidak ada kasih maka tidak ada kehidupan,” tutupnya.

Norben Syukur 

Laporan: Ervan-Matakatolik.com 

 

Comments on Facebook