HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Korupsi telah menjadi Prestasi termasuk di Gereja! Apakah Anda Setuju?

7
Mgr Saku bersama sejumlah perwakilan akademisi, rohaniwan, biarawati, mengangkat buku Nota Pastoral KWI.
[Dok. Dokpen KWI]
Korupsi telah menjadi Prestasi termasuk di Gereja! Apakah Anda Setuju?
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - Mgr Saku bersama sejumlah perwakilan akademisi, rohaniwan, biarawati, mengangkat buku Nota Pastoral KWI.

BILA korupsi di Indonesia dicatat sebagai prestasi, maka itulah prestasi terbesar Orde Reformasi. Para Uskup se-Indonesia sempat mengemukakan pertanyaan, apa yang perlu dibuat Gereja untuk menangkal praktik koruptif? Sebab, para Uskup sadar, di dalam Gereja juga masih penuh dengan segala macam persoalan. Pengakuan itu disampaikan Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, saat peluncuran Nota Pastoral Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), di Kantor KWI Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 31/5. Nota Pastoral ini berdasarkan Seruan Pastoral “Stop Korupsi: Membedah dan Mencegah Mentalitas serta Perilaku Koruptif”, yang dihasilkan dalam Sidang Tahunan Para Uskup November tahun lalu.

Sementara Muliawan Margadana mengatakan, sebagai pelaku usaha, korupsi bisa dicegah bila tiap perusahaan memiliki etika bisnis yang ketat. “Korupsi umumnya dilakukan dua pihak, yaitu perusahaan dan birokrat,” terang Ketua Bidang Pertambangan dan Mineral Asosiasi Pengusaha Indonesia.

Sementara pembicara lain, Yudas Sabaggalet meyakini, perencanaan keuangan daerah secara elektronik atau e budgeting dapat mengurangi kecenderungan untuk menyelewengkan anggaran daerah. Bupati Mentawai ini menambahkan, perizinan satu pintu juga menjadi strategi lain dalam mencegah korupsi. “Sebagai seorang pejabat Katolik sangat penting untuk tetap dekat dengan Gereja, jadi tidak saat Pilkada saja dekat dengan Gereja tapi setelah itu menjauh.”

Antonius E. Sugiyanto

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here