HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Ungkapan Kasih Umat Fakfak bagi Gembalanya

11
Kanan ke kiri: Mgr Datus Hilarion Lega, Romo John Tala, Silvester Sia, dan Romo Jerry Andrew Rumlus berbincang santai sambil menikmati persembahan Tari Perang dari budaya Kei di halaman Gereja Santo Yosef Fakfak, Kamis, 15/6. [Marthina Fifin da Lopez/Dok. KOMSOS Paroki St Yosef Fakfak]
Ungkapan Kasih Umat Fakfak bagi Gembalanya
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Beberapa hari menjelang hari Kamis, 15 Juni, segenap umat di seluruh kawasan Tim Pastoral Wilayah (TPW) Fakfak, Papua Barat, meningkat aktivitasnya di Gereja Paroki Santo Yosef Fakfak. Mereka membentuk panitia dan mempersiapkan kunjungan gembala mereka, Uskup Manokwari-Sorong (KMS) Mgr Datus Hilarion Lega. Bedanya, kunjungan kali ini tak hanya seperti biasa. Mgr Datus punya agenda merayakan HUT ke-33 Sakramen Imamatnya, Kamis, 15/6.

Tenda-tenda mulai berdiri menjelang hari-H. Dan, tepat pada hari-H, umat berbondong-bondong datang dari seluruh pelosok Fakfak untuk mengikuti Misa bersama Bapa Uskup di Gereja Santo Yosef Fakfak. Ribuan umat, para pastor, dan biarawan-biarawati di seluruh TPW Fakfak berbaur menyambut kebahagiaan gembala mereka.

Usai Ekaristi, umat menjamu Mgr Datus dengan suguhan pagelaran budaya dan aneka persembahan lain dalam acara ramah tamah. Ketua Panitia Pelaksana Syukuran sekaligus Ketua Dewan Paroki Santo Yosef Fakfak, Silvester Sia berkesempatan mewakili umat untuk menyampaikan sambutan. “Pada hari ini, selain merayakan Ekaristi Syukur, kami juga–seluruh umat se-TPW Fakfak–dengan segala keterbatasan, tapi penuh dengan rasa sukacita yang berlimpah, mengadakan acara syukur atas anugerah Tuhan. Kami telah diberi seorang Gembala yang Baik,” ungkap Silvester.

Silvester juga mengucapkan selamat atas syukur imamat ke-33 bagi Mgr Datus. Menurutnya, pesta ini bukan hanya pesta Bapa Uskup, tetapi juga pesta umat yang telah mendapatkan seorang gembala yang baik. “Yang utama pada kesempatan ini, kami bersama seluruh umat mendoakan Bapa Uskup. Semoga Bapa Uskup diberi kekuatan, kesehatan, dan semangat serta rasa kasih sayang tak habis-habisnya dalam mengembangkan kami umatmu di Keuskupan Manokwari-Sorong, khususnya di TPW Fakfak,” kata Silvester disambut tepuk tangan umat yang hadir.

Diharapkan, acara ini dapat memberikan sukacita bagi Gereja Fakfak, terutama bagi Mgr Datus sebagai Gembala Utama di KMS. “Di dalam padatnya karya pelayanan Bapa Uskup, kami umat di Fakfak berusaha memberikan sedikit refreshing dan sukacita. Semoga apa yang kami lakukan ini sungguh-sungguh boleh menjadi kenangan bagi Bapa Uskup di manapun melayani,” tutur Silvester. Selain itu, Silvester juga mengharapkan agar perayaan ini mampu membangun kebersamaan antara umat dengan Uskupnya, “domba-domba dengan gembalanya”.

Dalam tanggapannya, Mgr Datus menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam untuk keterbukaan dan kemurahan hati umat Fakfak. Ia juga berharap agar perayaan ini menjadi sukacita bersama. “Hendaknya iman kita kepada Kristus semakin dikuatkan dalam sukacita ini. Umat Katolik Fakfak saya harapkan terus mendukung semua kegiatan Gereja dalam bentuk apapun, misalnya agenda yang paling dekat adalah pembangunan Gereja dan Aula yang diselenggarakan di TPW Fakfak. Semoga sukacita yang terpancar dari penghayatan iman kita menjadi ‘wajah Gereja Katolik Fakfak’ yang berlangsung hingga di tahun-tahun yang akan dating,” kata Mgr Datus.

R.B.E. Agung Nugroho

Laporan: Marthina Fifin da Lopez (Papua Barat)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here